Dont Just Get a Job, Design Your Life!

Dikutip dari blog Pribadi:
From: https://ellyzarachmawati.wordpress.com
What a Day!! Weekend ini bener-bener dapet pencerahan  deh pokoknya. Ya ini yang namanya jomblo produktif 😀. Akhirnya terjawab sudah kegalauan selama ini. Bingung habis kuliah mau kemana? Mau  kerja, lanjut kuliah, buka usaha, ato Nikah ? Kalo gue sih pingin berkarir di MNC , bukan stasiun TV loh  tapi singkatan dari Multinational Company, karena itulah gue selalu nyari-nyari referensi buat gue belajar dan nyiapin diri buat ke depannya. Yup! Akhirnya gue ketemu sama “The Expert” di bidang career path melalui event bulanan yang diadain KASKUS yaitu “Meet The Expert” tanggal 28 Maret kemaren yang bertempat di Playground Kaskus HQ, ituloh ruangan di balik tembok bata. Acaranya super banget!! Apalagi gue ketemu doi yang tiap malem siaran di Prambors nemenin gue begadang buat nugas, biasanya cuma dengerin suara badainya. yapp!! Finally I met JEJE in person, sayang Julio kaga ikut. Ehh dapet cendol pula, tapi gak pake bata yaaaa…
nih kalo gak percaya cek aja coyy keseruan ini acara 😛 . cekidot!
http://www.kaskus.co.id/thread/551bc902c1cb17781a8b456a/fr-meet-the-expert-bareng-maya-arvini/Featured imageGuest star gak kalah super lho. Namanya Mbak Maya Arvini, beliau ini sudah  merasakan asam garamnya dunia karir di Multinational Company.  Beliau mengawali karirnya di IBM Indonesia (keren coyy, dari ribuan talent yang diterima   cuma 8 orang termasuk doi), terus kiprahnya berlanjut di Microsoft Indonesia (dahsyat kan) hingga menjabat sebagai Head of Product- Application Perform.  Sekarang beliau menjabat sebagai General Manager Gunung Sewu Grup. Wanita Karir, Professional,Muda, Mapan, Bertalenta, itulah Mbak Maya. Btw, selain bekerja di korporasi Mbak Maya ini juga seorang author dari buku Career First dan seorang mentor. WOW. Semua itu didapat dari pengorbanan dan jerih payahnya lho, suksesnya sekarang adalah hasil kerja keras dari usia belia. Inget tuh “dirintis dari belia” jadi gak ada yang  instant.  Yahh dan pastinya.. NO PAIN , NO GAIN !
Featured image

Mbak Maya lagi ngasih petuah nih.

Featured image

Gue lagi di pojok nih ngedengerin Mbak Maya :)

 

So, what are we waiting for? Lets design ours NOW!!

Banyak banget ilmu yang gue dapetin dari MTE kemaren.Kenapa sih karir harus “didesain” dari jauh-jauh hari? Iyadong, karir adalah salah satu bagian dari perjalanan hidup yang harus ditempuh dan dijalani dengan sungguh-sungguh agar hasilnya bisa memuaskan. Sesuatu yang dipersiapkan dengan matang akan lebih bisa terlaksana sesuai rencana, termasuk dalam hal karir.  Emang pada mau kalo habis kuliah, kerja,tapi  apa cuma bisa dapet duit dan capek aja?
BIG NO!SET GOAL -> MAKE PLAN -> GET TO WORK -> STICK TO IT -> REACH GOAL
“A goal without a plan is juat a wish” –Antoine de Saint-ExuperyKarir bisa dikatakan salah satu output dari usaha-usaha yang kita tempuh hari ini, seperti halnya sekolah, kuliah,  training, workshop, seminar, dll. Usaha-usaha tersebut merupakan bagian dari master plan karir kita. Eittt, tapi jangan salah kaprah dulu nih, sukses karir gak cuma punya banyak duit loh ya, tapi juga dalam hal apresiasi dan prestasi yang berhasil ditorehkan.
“Duit gak abadi tong, yang abadi hasil kerja keras lu”


Melalui event ini, Mbak Maya banyak sharing tentang pengalaman membangun karirnya hingga bisa mencapai kesuksesannya, inilah yang patut kita contoh, mumpung masih ada banyak waktu lo. So, here are the steps to design our      career life:

– Pertama,  kita semua harus buang jauh2 yang namanya “menyepelehkan” –

Banyak orang yang mikir  Sukses itu turunan, Kalo orang tua sukses pasti anaknya juga sukses. Hmmm belum tentu lho ya..Sukses tidaknya seseorang bergantung pada faktor didikan, lingkungan , dan cara hidup. Terus siapa bilang  Sukses itu bisa dikarbit dan instant.. heleww.. Coba aja minta naik  jabatan dengan karbitan (KKN sana sini, lewat pintu belakang) pasti akan cepet jatuhnya, begitu tutur Mbak Maya. Iya yah, kalo karbitan mah kerjanya abal-abal. Jadi better klo kita meniti karir kita dari awal maka banyak pelajaran yang bakal kita dapetin dan of course kita bakal lebih survive di masa depan. Because Career is not about the tittle, but it is about SUSTAINABILITY. Yap. Bagaimana sebuah jenjang karir/jabatan itu bisa dipertanggungjawabkan. Sukses mah nyantai aja, dipikir nanti dulu. Nah, ini nih penyakit anak muda jaman sekarang , maunya di zona nyaman dan nyantai aja tapi pingin sukses. Mana bisa bro… coba  melangkah keluar dari zona nyaman kita, memang sulit awalnya tapi itu bakal membuat hidup kita lebih bernilai dan mengantarkan kita pada kesuksesan itu sendiri. Ceilahhhhh, tapi emang bener lho.. Sukses adalah tujuan akhir. NOPE! Success is a JOURNEY, not destination.  Sukses bukanlah tujuan akhir but it’s an everlasting journey until we die, that’s why dalam setiap perjalanan kita akan terus dihadapkan dengan berbagai kegagalan. Gagal itu pasti, tapi  yang terpenting adalah cara menyikapinya. Bagaimana kita menyikapi masalah akan membentuk karakter dan daya tahan baik dari segi otak dan otot. Pokoknya  kalo dihadapkan dengan masalah atau kegagalan inget aja,  if we fall down once,  we have to stand up twice. Jangan dikira Mbak Maya nggak pernah gagal, beliau pun dihadapkan dengan kegagalan dan masalah tapi beliau berhasil mengatasi dan tetap tangguh, yaa super woman gitu loh.
– Kedua, kita harus mempersiapkan diri dengan baik –
Ada beberapa hal yang harus bener – bener disiapin untuk mulai membangun karir , yang paling pertama dan paling essential adalah tau apa yang kita mau dan butuhkan, pastinya harus disesuaikan dengan kemampuan diri kita ya, tapi kita harus melakukan segala sesuatu dengan sebaik mungkin biar hasil yang bakal kita dapet juga maksimal tapi jangan lupa enjoy dengan apa yang kita lakukan. Biar gak stress. Terus, cari kerjaan yang bisa ngasih kita kesempatan untuk terus maju  terus banyak skill dan capability yang bisa kita serap selama kita bekerja. Iyadong, kalo punya kemampuan dan kabilitas yang bagus, kita juga bakal dapet jabatan yang bagus pula. Kalo udah kerja nih, jangan lupa untuk menjalin hubungan baik dengan atasan  dan orang – orang yang terlibat dalam kegiatan kita adalah hal yang penting banget biar pekerjaan yang kita lakukan bisa berjalan dengan mulus. Eh iya satu lagi.. Ini nih yang penting, selalu mengupdate CV kita at least 1 bulan sekali soalnya kalau kita mau pindah kerja atau ada tawaran job yang menggiurkan kita udah well prepare dan konten CV kitapun bisa selalu up to date.
– Ketiga, kita harus memegang teguh “THE PRINCIPLES” –
Beberapa prisip yang kita pegang erat-erat adalah tujuan yang jelas dan tekat yang kuat adalah modal yang bagus buat kita memulai atau mempertahankan sesuatu.JUJUR SAMA DIRI SENDIRI karena kita sendiri harus paham betul kelebihan dan kekurangan diri kita sebagai modal awal kita. Kalo perlu nih psikotest biar tau pastinya. Setelah kita tahu kelebihan dan kekurangan kita, pertahankan dan tingkatkan yang baik-baik dari kita dan mulai evaluasi kekurangan kita. Selanjutnya adalah MAMPU BERTAHAN. Mempertahankan sesuatu yang pernah kita capai memang lebih susah daripada mencapai sesuatu yang kita inginkan, jangan sampai kita bisa mencapai hasil yang masksimal tapi next time nya kita loyo dan nggak ada perjuangan buat ngelakuin yang terbaik lagi, tetep konsisten itu adalah kunci nya biar kita bisa tetep menampilkan hasil kerja yang terbaik.  Terus, kita semua harus tahu the rules of business etiquette. Saat kita bekerja pastinya kita bakal kebanyakan ketemu sama orang – orang baru, ya awalnya kita bakal kurang percaya kalo kita harus kerja sama mereka. Tapi hal yang harus kita lakuin jangan pernah underestimate orang – orang itu, kita harus positive thinking dan selalu bersikap profesional. Terakhir, ini nih yang menurut gue harus selalu tertancap (lebay). Camkan baik-baik!  Life is not fair. Get used to it. Pernah dong ngerasa udah kerja keras tapi orang lain cuma kerja ala kadarnya, tapi bisa dapet jabatan yang diinginkan? Memang begitu kehidupan, mungkin ada tuh yang percaya sama Hoky atau Lucky tapi sebenernya semua tuh tergantung pada usaha kita buat mencapai tujuan kita itu, kalau kita masih belum bisa mewujudkannya berarti usaha kita masih kurang maksimal dan harus bisa diperbaiki biar cita – cita atau keinginan kita tuh bisa cepat tercapai.Itu beberapa modal agar bisa mencapai kesuksesan karir ala Mbak Maya Arvini. Jangan tunggu nanti, kalau bisa dimulai dan dipersiapkan dari sekarang kenapa nggak, apalagi buat mahasiswa yang mau lulus, yang ada di pertengahan semester alias semester labil kayak gue atau yang baru mulai kuliah supaya kita lebih siap menyongsong masa depan. Tapi jujur aja nih, gue jadi lebih termotivasi dan tau bagaimana harus melangkah, gue lebih paham kenapa gue harus jaga nilai atau GPA , harus    aktif organisasi, banyakin pengalaman kerja, banyakin ikut pelatihan , dll. Selain itu ada beberapa buku yang direkomendasiin Mbak Maya nih. Buku pertamaCareer First yang ditulis langsung oleh Mbak Maya, buku kedua The 7 Habits  for Highly Effective People, pokoknya TOP BGT deh.

Featured image

habis selesai materi jangan langsung pulang, foto bareng dulu….. gue mah gitu orangnya.

Matur Nuwun Mbak Maya buat ilmunya

Kalo mau tau lebih banyak langsung aja mampir di KASKUS.CO.ID soalnya Mbak Maya adalah salah satu contributor di sub forum dunia kerja & profesi, tiap minggu doi nulis thread seputar career life. Doi juga seneng banget sharing, setiap curhatan, pertanyaan, dan keluh kesah lo pada bakal dijawab sama doi.
Gak afdol kalo gak foto bareng… ini pas akhir sesi, foto bareng sama Mbak Maya, JEJE, agan, dan sista kaskuser
Featured image

Leave a Reply

%d bloggers like this: