Success in Your Career and Life

Dikutip dari blog Pribadi :

From: http://agustincahyani.com/journals/career-first-success-in-your-career-and-life/

 

Hallo, kali ini pengen cerita tentang seminar yang aku datengin. Seminarnya di Bhineka.com, judulnya Careef First: Success In Your Career (and Life) tanggal 15 April 2015. Tentunya pada tahu Bhinneka.com kan? Bhinneka.com adalah e-commerce terbesar di Indonesia. Recommended banget buat yang mau belanja online, barang-barangnya lengkap dan murah. Tiap dua bulan, tim sales Bhinneka.com ngadain acara namanya Meet The Geek yang tujuannya mengasah softskill tim sales Bhinneka.com sendiri. Pembicaranya kali ini adalah Maya Arvini, biasanya dipanggil Mbak Maya, author dari buku Career First. Mbak Maya dipilih menjadi pembicara karena beliau punya pengalaman yang sangat banyak di bidang sales terutama ketika berkarir di IBM dan Microsoft. Kenapa aku bisa dateng di acara ini? Karena Mbak Maya itu mentorku. Jadi kalau beliau ada seminar, aku boleh dateng. Ehehe… Post kali ini, aku bakal share apa yang yang aku dapet dari seminar ini. Tapi sebelumnya, buat yang belum kenal sama Mbak Maya, ini ada sedikit ringkasan mengenai beliau.

SEKILAS TENTANG MBAK MAYA

IMG_5194

Mbak Maya (tengah) bersama Bapak Yos Rifanto (General Manager Bhinneka.com) dan Ibu Vensia (Director Bhinneka.com)

Seperti yang sudah aku sebutin di atas, Mbak Maya adalah pengarang buku Career First. S1 lulusan Unpad (double degree) dan S2-nya di UI. Beliau sudah berkarir selama lebih dari 15 tahun. Pertama di IBM, Microsoft, dan sekarang jadi General Manager di Gunung Sewu Group. Ketika kerja di IBM dan Microsoft, Mbak Maya sering dapet penghargaan dari kantor gara-gara prestasi beliau. Penghargaannya juga enggak cuma tingkat kantor, bung! tapi tingkat internasional. Untungnya nih, Mbak Maya suka nulis dan bagi-bagi ilmu makanya sering wara -wiri ngasih seminar atau presentasi di perusahaan atau kampus jadi kita bisa denger pengalaman beliau secara langsung. Kapan hari, Mbak Maya sempet ada talkshow di UI, lebih jelasnya di acaranya anak FEB (dulunya FE), namanya Career Festival. Kalau mau tau tips karir dari Mbak Maya, buka aja forum kaskus di Kategori News dan Info, subkategori Dunia Kerja dan Bisnis. Beliau jadi kontributor kaskus di forum itu. Atau baca aja bukunya. Enggak nyesel deh. Serius. Masih penasaran sama Mbak Maya? Buka aja di web ini.

Udah kenal sedikit sama Mbak Maya, aku mau share tentang seminarnya.

Seminarnya diadakan di lantai 4 Bhinneka.com. Buat yang belum tahu dimana bhinneka.com, ini alamatnya yang aku dapat dari google maps. Alamat ini yang aku jadiin petunjuk waktu mau ke sana, maklum anak rantau, Alhamdullilah sampai tujuan. Peserta yang dateng adalah kakak-kakak dari tim salesnya Bhinneka. Walaupun acaranya sore-sore habis jam kantor, mereka tetep semangat buat nyimak seminar dari Mbak Maya.

Kakak-Kakak Tim Sales Bhinneka.com

Kakak-Kakak Tim Sales Bhinneka.com

Selanjutnya aku bakal cerita mengenai apa aja yang aku dapet dari seminarnya Mbak Maya. Walaupun seminar ini sebenarnya ditujukan untuk orang yang udah kerja tapi ilmu-ilmu yang didapat bisa diterapkan sama yang masih sekolah dan bisa juga dijadikan bekal kalau udah lulus nanti.

Career First: SUCCESS IN YOUR CAREER (AND LIFE)

Definisi Sukses

Ketika kita melakukan sesuatu kita harus punya tujuan yang baik, misalnya lulus kuliah, sukses skripsi, atau bisa juga sukses dapet promosi dari bos. Banyak banget orang yang bilang pengen sukses tapi definisi sukses itu apa? Banyak duit? Cepet nikah? Nah, Sukses itu beda-beda. Tergantung tujuan dari pribadi masing-masing jadi enggak bisa disama – samain. Ada yang penting kerja enggak capek dan banyak waktu buat keluarga. Ada yang pengen dapet pengakuan. Ada yang pengen ngasih social impact. Ada yang pengen jadi orang kaya raya. Macam-macam. Yang penting:

“We do our best in whatever career we chose.

Kadang yang dimata orang lain sukses belum tentu dimata kita itu sukses. Misalnya ketika ada seseorang yang lulus ujian dengan nilai bagus tapi hasil nyontek. Bagi dia, itu mungkin hal yang menggembirakan karena dia berhasil mencapai tujuannya enggak peduli apapun caranya. Bagi kita, hal itu mungkin merupakan kegagalan karena dia lebih mengutamakan nilai daripada ilmu yang didapatnya. Definisi sukses tiap orang itu beda-beda.

Penjelasan Mbak Maya soal definisi sukses agak nampar aku sih. Awalnya, aku enggak ngeh sama definisi sukses versiku sendiri. Terus aku mikir, “sukses buat gue itu apa yak?”. Dan setelah mikir berhari-hari. Akhirnya aku nemu definisi sukses menurutku. Aku selalu pengen bikin orang tua bahagia tapi bukan dengan cara yang mereka pengen. Dulunya orang tua pengen aku masuk teknik kimia atau kedokteran. Tapi karena aku anaknya rebel, aku milih ilmu komputer atau arsitektur dan akhirnya keterima di ilmu komputer UI. Aku pengen tiap apapun yang aku pilih bisa bikin orang tua bangga, salah satu caranya ya belajar yang rajin supaya nilai-nilaiku enggak jelek. Ketika kuliah ilmu komputer, aku dapet kesempatan buat nyicip banyak hal di bidang teknologi. Ada yang dunia hardware, Web, UX (User Experience), dsb. Ketika semester 5, aku dapet mata kuliah namanya sistem interaksi. Di situ aku belajar yang namanya Human Computer Interaction. Penerapan dari mata kuliah ini adalah kita bisa membuat sistem yang enak dipakai. Aku ngerasa “wah, ini nih, aku banget!”. Aku pengen berkarir di bidang ini. Aku juga pengen banget jadi orang kaya, kaya hati dan harta. Ehehe… aku pengen bantu orang-orang sekitarku, mulai dari kesehatan sampai masalah ekonomi. Kalau sekarang sih, aku baru bisa donor darah sama beli produk dalam negeri. But sooner or later, I am going to give bigger impact on my society. Nah, sukses buatku adalah ketika semua cita-cita yang aku sebutin tercapai.

Awal Karir itu Penting!

Setelah lulus kuliah adalah waktu emas untuk membuat banyak kesalahan. Kesempatan buat belajar dan orang enggak akan kesel sama kita karena toleransi buat anak baru lulus kuliah itu lebih tinggi. Beda kalo udah profesional, tingkat toleransi udah rendah. Tahun-tahun pertama berkarir, kita harus ketemu banyak orang. Kesempatan bagus untuk memperluas koneksi kita. Networking is important. Tapi networking atau kenalan itu cuma buat connecting. Yang penting tetep skill dan kompetensi kita masing-masing. Penjelasan Mbak Maya di atas memberi bekal buat aku. Kan sekarang lagi kuliah. Jadi ketika magang atau kerja, aku udah tau apa yang bakal aku lakuin. Mbak Maya bilang:

“Kalau karir awal bagus, pijakan buat karir kedepan juga akan bagus.

WHAT ARE ESSENTIALS FOR SUCCESS?

Walaupun definisi sukses tiap orang beda-beda. Tapi poin-poin yang diterapin untuk mencapainya sama. Pinter enggak cukup. Aktif enggak cukup. Pintar enggak menjamin sukses. Pintar hanya membuat kamu belajar lebih cepet dari yang lain. Yang lain masih mikir, kamu udah bisa ngerti. Sukses butuh kerja keras dan komitmen. HARDWORKING IS ESSENTIAL. Jalan menuju sukses itu panjang dan mungkin bikin capek. Tapi kalau kita enjoy, kita enggak akan merasa capek. Sukses itu journey bukan destination jadi harus dinikmati. You will learn a lot from the process. Poin-poin yang penting buat kita kalau pengen sukses yang aku pelajari dari seminarnya Mbak Maya adalah:

SIAP SIAGA SAMA KEGAGALAN

Yup, jadi kita harus ber – MENTAL BAJA. Enggak boleh cengeng kalau nilai jelek, gagal ngerjain tugas kuliah, usaha kita enggak dihargai, atau ketika ada yang benci sama kita. Kadang nih, kita bakal menemui orang yang enggak suka sama kita karena emang kita enggak mungkin nyenengin semua orang. Kadang kita juga akan menemui orang yang ingin membuat kita terlihat buruk dimata orang lain. Sifat dasar manusia itu enggak suka liat orang lain sukses jadi akan sering ketemu banyak orang yang mencoba menjatuhkan kita. We have to deal with it.

Aku pernah nyoba buat daftar ke suatu kampus dan gagal diterima. Aku juga pernah gagal memenuhi suatu tugas kuliah padahal aku udah nyoba berminggu-minggu sampai nginep di kampus. Aku gak nyesel soalnya aku udah berusaha yang terbaik. Tipe-tipe kegagalan yang udah aku alami masih cupu sih. Kalau urusan sama orang yang benci sama aku, aku udah lumayan kebal. Waktu SD dan SMP, aku udah punya kelompok anak-anak yang enggak suka sama aku. Berasa kayak artis, punya haters. Tapi kadang nih, aku masih suka sedih kalau ada orang lain yang enggak menghargai usahaku. Tapi mau bagaimana lagi, yang bisa dilakukan ya usaha yang lebih lagi supaya bisa membuktikan kalau aku mampu. Ada satu quote dari buku Career First yang ngena banget dan bikin aku semangat:

“We must always give our best in whatever we do, even when your manager or company seems does not appreciate it. If they continuously failed to reward your best performance, somebody else will.” – Richard Antony, Managing Director Re.Juve Indonesia.

ASAH KEMAMPUAN

Kecerdasan yang kita miliki ada IQ (kecerdasan otak), EQ (kecerdasan emosional), AQ (nyalinya kuat), SQ (social, jadi pinter interaksi sama orang atau enggak), dan CQ (kreativitasnya tinggi atau enggak). Semuanya perlu diperhatikan dan dilatih. Kita juga perlu mengasah Communication skills (kalo ngomong biar jelas jadi kalau nyampein ide, semua orang bisa nangkep maksudnya apa), interpersonal skill (biar orang nyaman bareng kita), task and time management skill (biar enggak keteteran kalo banyak kerjaan dan bisa ngatur waktu), sales skill (Kenapa? Biar Kita bisa meyakinkan orang lain kalo kita mampu dan kita orang yang kompeten di bidang kita). Dari semua yang disebutin di atas, semuanya perlu aku asah, apalagi communications skill. Kadang kalau presentasi, aku masih suka enggak PD dan enggak tau apa yang mau aku omongin.

ATUR EKSPEKTASI

Harus bisa ngira – ngira kemampuan kita. Kalau misal dapat pekerjaan, banyak hal yang harus dipikirkan: kita mampu atau enggak, kalo enggak di bagian yang mana? Gimana caranya supaya bisa mampu?. Untuk mengatur ekspektasi kita perlu jujur terhadap diri kita. Kekurangan dan kelebihan kita dimana. Kadang manusia suka ngelak sama kekurangan dirinya sendiri. Jujur soal kekurangan dan kelebihan itu enggak ada ruginya. Kalau tahu kelebihan, kita bisa cari cara untuk menyalurkan dan menambah kelebihan itu. Kalau tahu kekurangan, kita bisa cari cara untuk mengurangi tingkat kekurangan itu.

PERFORMA TERBAIK

Kita harus bisa menjaga performa kita. Ini agak susah sih. Kadang pasti kita semangat banget di awal dan mulai loyo di akhir. Sampai sekarang aku masih belajar gimana caranya supaya tetep semangat dari awal – sampai akhir. Kata Mbak Maya, supaya tetap semangat, motivasi harus datang dari diri sendiri. Aku berusaha ngingetin diri aku kalau aku enggak akan nyesel dan aku akan bangga kalau melakukan yang terbaik. Sering banget ngerasa sedih dan nyesel ketika hasil pekerjaan kita enggak bagus terus bilang ke sendiri “Kalo usaha lebih pasti hasilnya enggak kayak gini”. Ngerasa kayak gitu itu enggak enak makanya aku kapok.

SOPAN!

Menurut Mbak Maya, mending orang yang biasa-biasa aja tapi sopan daripada orang pinter yang gak sopan. Lebih baik terlalu sopan daripada kurang ajar. Masalah sopan santun nih, jujur, aku kurang suka berpakaian formal, lebih suka pake celana jeans sama t-shirt. Tapi kalau mau jadi wanita karir, ya mau enggak mau harus berpakaian formal. Kadang juga, aku suka ngomong ceplas-ceplos karena prinsipku adalah kejujuran adalah bagian dari sopan santun. Tapi enggak semua orang prinsipnya kayak gitu. Nasihat dari Mbak Maya jadi pengingat buat aku supaya kalau ngomong dipikir dulu. Tetep jujur tapi kata-katanya diperhalus atau enggak ngomong sama sekali. Satu lagi kata-kata dari Mbak Maya yang perlu banget dicatet, “Never underestimate the people you meet. Because you never know the future.” Jadi mending bersikap sopan dan baik ke semua orang.

Gimana caranya buat tetep lanjut setelah gagal?

Ada 3 poin penting yang menjadi catatan buat aku:

  1. Have Good Missions: tujuan dan cita-cita yang jelas.
  2. Be Honest: jujur mengenai diri sendiri. Yang kenal kita ya diri kita sendiri bukan orang yang lain. Harus jujur tentang kelebihan dan kelemahan diri sendiri.
  3. Have Priority: harus tau prioritas. Harus bisa bedain yang mana yang passion sama yang mana yang hobi.

Demikian catatan apa yang aku dapat dari seminar Career First: Success in Your Career (and Life) di Bhinneka.com. Banyak banget hal yang berguna dan bisa diterapkan di kehidupan kita. Semoga apa yang aku tulis berguna untuk kalian. Kalau ada pertanyaan bisa langsung tulis komen di bawah ya. See You 😀

Habis ikut seminar, Alhamdulillah dapet kesempatan buat foto bareng Mbak Maya dan Tim Sales Bhinneka.com. Lumayan buat kenang-kenangan.

Habis ikut seminar, Alhamdulillah dapet kesempatan buat foto bareng Mbak Maya dan Tim Sales Bhinneka.com. Lumayan buat kenang-kenangan.

26 April 2015 – Agustin Cahyani

Leave a Reply

%d bloggers like this: