Talkshow Radio Budi Luhur Bareng Mbak Maya Arvini

Dikutip dari artikel blog pribadi: Talkshow Radio Budi Luhur Bareng Mbak Maya Arvini

Hello sob!

Wah malem minggu kemaren nih tanggal 21 Mei 2015 gue berasa jadi orang produktif banget, nggak ada yang namanya ngegalau di sabtu malam, why? Soalnya gue dengerin siaran salah satu radio universitas ternama di Tangerang yang selalu nyapa pendengarnya dengan sebutan warga kampus, ya Radio Budi Luhur.Salah satu Radio yang dimiliki sama Universitas Budi Luhur kali ini special mendatangkan seorang expert khususnya di bidang karier.

Poster Talkshow radio bareng mbak Maya Arvini

Poster Talkshow radio bareng mbak Maya Arvini

Di salah satu program Radio Night ini announcer bakal membahas tuntas profil guest yang satu ini dan tentunya membahas tentang hal – hal yang berhubungan sama karier. Ya sambil menikmati sabtu malem biar nggak gabut memang enaknya dengerin hal-hal yang memotivasi iya nggak sih?

Oh ya buat yang belum tau ternyata guest Radio Budi Luhur kali ini adalah seorang wanita karier,cantik, penuh talenta… hayo bisa tebak?…, ya bener banget!! Maya Arvini atau lebih akrab dipanggil Mbak Maya.  Mbak Maya mengawali kariernya di IBM Indonesia (siapa sih yang nggak tau IBM…,iya lah dari ribuan talent yang mendaftar yang diterima cuma 8 orang aja sob bayangkan, of course salah satunya adalah Mbak Maya ini), perjalanan kariernya nggak berhenti disini aja ternyata Mbak Maya juga pernah menjabat di Microsoft Indonesia loh… sebagai Head of Product-Application Perform, wow…. kurang kece apa nih guest. Sekarang beliau menjabat sebagai General Manager di Gunung Sewu Grup. Fakta yang sangat menarik nih ternyata Mbak Maya ini pernah mendapatkan penghargaan Young Woman Future Business Leader dari majalah SWA dan ternyata  Mbak Maya ini juga seorang penulis dari bukunya yang berjudul Career First yang dibahas pas on air lo sob. Pingin ngintip profile lengkapnya? yuk bisa langsung klik aja http://mayaarvini.com/profile/

Talkshow radio ini dimulai dengan sapaan hangat dari announcer bersuara serak – serak basah dan dilanjutkan dengan pertanyaan yang disampaikan kepada mbak Maya mengenai….

 Pengalaman membangun karier

Ternyata memang sejak di bangku sekolah mbak Maya udah mulai meniti karier cemerlangnya dengan cara aktif banget ikut di ekstrakurikuler baik yang akademis maupun non akademis, seperti halnya cerdas cermat,osis, pramuka dan bahkan mbak Maya ini juga pernah ikut modern dancer lo sob. Nggak nyangka ya orang yang kerja di IBM seneng dance juga haha. Nggak Cuma aktif pas di bangku sekolah aja mbak Maya juga makin aktif ketika sudah menginjak di bangku perkuliahan seperti halnya aktif di senat, himpunan mahasiswa dan koperasi mahasiswa. Berkat keaktifannya yang memang dipupuk sejak dini maka mbak Maya memetik hasilnya ketika sudah masuk dalam dunia kerja. Karena bagi mbak Maya aktif dalam berbagai bidang yang pernah dia geluti adalah sebuah simulasi agar siap terjun dalam dunia kerja. Kok gitu? Iya sob kata mbak Maya nih ketika kita aktif dalam organisasi otomatis yang namanya softskill yang kita miliki seperti halnya skill berorganisasi,komunikasi dan bahkan leadershippun ikut terasah. Makanya ketika mbak Maya bekerja di IBM sudah tidak kaget lagi bertemu, berinteraksi dan bekerjasama dengan orang – orang baru gitu sob.

Pengalaman di dunia IT dan Mengapa passion itu penting

Karier mbak Maya berawal dari IBM, (ya udah tau lah ya IBM perusahaan IT terkenal di dunia). Ternyata sebelumnya guest yang satu ini nggak nyangka bisa melamar dan diterima di sebuah perusahaan IT terbesar di dunia ini. Tapi hebatnya guys ternyata mbak Maya pas waktu ngelamar pekerjaan dia melamar di beberapa perusahaan kece seperti halnya Citi Bank,Unilever dan of course IBM. You know what?? Ternyata mbak Maya berhasil diterima semua loh sob, kurang hebat apa guest yang satu ini. Pastinya nggak nyangka dong dari jumlah aplikan sebanyak 2000 lebih dan yang diterima cuma bisa dihitung jari bro… WOW luar biasa. Mbak Maya sempat menyatakan kalau dirinya emang seneng banget belajar hal baru, maka tentu saja karir pertamanya di IBM dimanfaatkannya untuk banyak belajar dan menjalani kariernya dengan baik. Untuk bisa tetap bertahan melewati semua rintangan dan ujian memang semua itu tergantung passion ungkapnya. Passion? Mengapa passion penting? Biasanya nih kalau kita melakukan suatu pekerjaan atau tugas yang udah sesuai banget sama passion kita maka halangan, rintangan  dan bahkan tugas yang susah pun kita lakukan dengan penuh semangat dan senang hati.

Mungkin banyak yang udah salah kaprah nih masalah pengertian passion, jadi menurut penuturan mbak Maya passion itu adalah suatu hal yang tidak hanya sekedar hobi aja sob tetapi sesuatu yang kita cinta dan suka. Makanya kalau kita udah cinta dan suka sama pekerjaan kita udah otomatis kita bakal ngejalaninnya tanpa beban.

Foto keseruan mbak Maya Arvini di Radio Budi Luhur

Keseruan mbak Maya Arvini di Radio Budi Luhur

“NO SHORTCUT TO SUCCESS”

Kata-kata itu yang bener- bener nempel di otak gue pas Mbak Maya ngejawab beberapa pertanyaan dari announcer. Banyak banget pelajaran yang bisa gue petik dari ngedengerin talkshow radio bareng mbak Maya kemaren. Memang untuk bisa jadi sukses nggak bisa didapetin instan sob kudu ada prosesnya, apalagi yang namanya mental kita, kalau Mbak Maya bilangnya “Otot otak” haha ada – ada aja ya, tapi memang ada benernya sih pas on air mbak Maya juga pernah ngomong bahwasanya coba kita ibaratkan mental kita kaya otot binaragawan, semakin binaragawan itu melatihnya tentu saja otot yang bakal dia miliki makin gede, lha… itu juga berlaku sama mental yang kita miliki sob, mental harus dilatih sedari dini. Contohnya pas zaman-zaman kita kuliah pasti tuh pas abis ujian terus ngeliat nilai ujian udah nggak ada bedanya sama nomor sepatu kadang kita udah merasa down dan kita udah merasa hidup kita tamat waktu itu juga. Hello….. masih kuliah dapet cobaan kaya gitu aja udah angkat tangan apalagi kalau kita udah kerja? Nih gue sharing ilmu yang udah gue dapetin pas ndengerin talkshow radionya mbak Maya. Jadi pas kita kerja nanti kita bakal ketemu sama permasalahan yang lebih kompleks seperti halnya dimarahin bos, bisa – bisa pas dimarahin bos ujung – ujungnya kita mewek. Wah kalau kata mbak Maya sih mewek pas lagi kerja itu hukumnya HARAM sob. That’s why biar kita jadi pekerja tangguh otomatis hal yang harus kita lakuin adalah memupuk yang namanya mental biar jadi strong. So intinya sukses nggak ada yang namanya jalan pintas.Kata mbak Maya yang emang udah ekspert kalo masalah gini-ginian sukses tuh harus diusahakan sob perlu adanya kerja keras nggak bisa kalo lu cuma leyeh-leyeh terus lu berharap bisa sukses, bangun dulu sob jangan ngimpi…haha.

Memetakan karier sedari kecil

Selain itu pas talkshow radio mbak Maya nggak cuma ngebahas apa yang gue ceritain di atas beliau juga menyinggung masalah “Mengapa kita harus memetakan karier”. Jadi fungsi daripada memetakan karier itu sendiri tuh sebenernya biar kita tau skill apa aja sih yang sebenernya kita miliki, kan ada tuh skill yang udah kita ketahui sama skill yang belum kita ketahui (potensi terpendam kalau kata anak-anak mah). Kalau udah tau yang namanya skill kita jangan lupa buat ngasah skill itu, ya ibarat pisau kalau nggak diasah terus pasti tumpul dan nggak tajam lagi gitu sob. Contohnya seumpamanya ente pengen jadi penyanyi, otomatis udah tau dong lu punya bakat nyanyi. Tapi sayangnya latihan nggak pernah, les nyanyi ogah, disuruh nyanyi malu, beraninya cuma nyanyi di kamar mandi aja, yah….. kalo gitu mah namanya lu gak bisa memaksimalkan yang namanya potensi yang ada di diri lu sob. Kalau pengen jadi penyanyi ya latihan yang bener, sering ikut lomba nyanyi itu semua bakal mengasah skill yang ada di diri lu sob, gitu…. Dan yang paling gue inget dari kata-kata mbak Maya pas on air tuh, kita harus fokus kepada beberapa skill seperti halnya

Communication skill :kemampuan ini sangat penting banget buat kita pas lagi kerja nanti, tentu saja penting soalnya pas kerja sama kita bakal banyak melakukan diskusi maupun sharing tentang permasalahan yang dihadapi bersama, jadi dengan communication yang baik bakal memudahkan kita untuk menyampaikan ide atau opini kita tentang suatu hal lebih mudah juga. Jadi bisa dikatakan pinter aja nggak cukup sob kalo nggak punya yang namanya communication skill yang baik, iya lah…. bayangin aja nih, ada orang pinter banget matematika tapi pas ditanya sama orang lain tentang rumus tertentu sebenernya orang pinter itu tau maksud rumusnya tapi… gara – gara dia nggak punya yang namanya communication skill yang baik dia nggak bisa jelasin secara baik ke orang yang bertanya itu, ya alhasil tetep aja orang yang tanya nggak tau maksud rumus itu. So buat apa Cuma pinter tapi nggak bisa ngungkapin idenya ke orang lain?

Interpersonal skill : Otomatis pas kita nanti kerja kita perlu tuh yang namanya bergaul dan interaksi sama orang – orang kantor bahkan klien kita, iya dong….masa kita punya klien kita diemin aja, nggak dong ya. Dengan skill interpersonal yang baik biasanya orang suka sama kita, orang itu dibilang supel atau suka bergaul. Apa itu interpersonal skill? Jadi intinya skill atau kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain sehingga orang bisa nyaman dengan kita. Kenapa sih interpersonal ini penting? Penting banget sob, kalo kata mbak Maya pas on air kemaren interpersonal ini penting banget seperti halnya menjalin hubungan baik dengan orang lain karena ketika nantinya kita butuh pertolongan maka orang itu tidak segan buat nolong kita soalnya kita udah baik sama dia. Apalagi jika dikaitin sama yang namanya pekerjaan, dipekerjaan kita nggak bisa lepas satu sama lain, saling membantu untuk mencapai tujuan perusahaan, bekerja sama dengan tim, menyampaikan pendapat satu sama lain dan sebagainya. Of course interpersonal ini bakal menjadi skill yang amat sangat penting.

Skill jualan alias sales skill : Berjualan?? Maksudnya berjualan disini tuh gimana cara kita meyakinkan bahwasanya ide atau pembawaan kita tuh meyakinkan orang atau klien yang kita hadapin. Nah skill yang satu ini nih nggak kalah penting buat dimiliki kita-kita yang bakal kerja. Bisa dikatakan skill ini yang paling susah dimiliki buat gue, soalnya buat meyakinkan seseorang kita bener- bener harus punya jam terbang yang banyak dan otomatis sering praktik, kalau Cuma teori aja mah kurang sob. Jadi gimana cara kita menyampaikan sesuatu ke orang lain dan orang lain tuh bisa tertarik dan mengikuti apa yang kita sarankan ke dia.

Leadership skill : masing – masing orang punya tuh yang namanya leadership, namun gimana caranya biar skill leadership itu diasah sebaik mungkin seperti halnya mbak Maya pas beliau masih kuliah bahkan pas masih sekolahpun beliau aktif banget organisasi dan pernah menjabat sebagai ketua koperasi mahasiswa. Jadi skill leadership itu bakal terasah dengan banyak aktif di berbagai macam kegiatan atau organisasi seperti itu sob. Kepanitian juga ngebantu banget mempertajam skill leadership kita.

Selain beberapa skill tersebut hal yang paling ditekankan sama mbak Maya adalah bahwasanya kita nggak boleh tuh yang namanya ngejar title, nggak usah lah kita capek – capek yang namanya ngejar title , dengan terus mengasah skill- skill yang kita miliki udah otomatis tuh yang namanya karier, promosi bahkan title bakal ngikut kita.

Oh ya, mbak Maya juga kasih tips-tips nih buat kita yang masih bingung harus nyiapin apa pas interview, okay….check this out!!

Ini  nih ada beberapa contekan pertanyaan yang sering banget keluar pas lagi interview kerja:

  1. 3 tahun lagi kira- kira mau jadi apa?
  2. Apa segi + dan – yang ada dalam diri kamu?
  3. Bagaimana kamu bisa berkontribusi terhadap perusahaan?

Dari bocoran itu sih gue bisa nyimpulin pokoknya kita tuh harus ngerti banget diri kita sendiri, soalnya pas interview pertanyaannya ya nggak jauh – jauh lah dari diri kita sendiri, so…… kita harus mulai nih mengetahui diri kita lebih dalam lagi biar pas interview tinggal cas cis cus.. haha

Berkesempatan foto bareng Mbak Maya Arvini di Radio Budi Luhur

Berkesempatan foto bareng Mbak Maya Arvini di Radio Budi Luhur

Well mungkin itu aja cerita gue tentang talkshow radio yang pernah gue dengerin dan tentu aja sangat menginspirasi dan ngasih banyak pengetahuan baru. Oh ya sedikit bocoran nih buat yang pingin lebih tau sama mbak Maya Arvini bisa cek nih twitternya@mayaarvini dan buat yang kepo tingkat nasional mengenai buku Career First karya mbak Maya Arvini bisa langsung searching – searching di onlineshop, soalnya di toko udah pada ludes abis sob haha…

Okay semoga berguna sob……

Leave a Reply

%d bloggers like this: