10 Tips Sukses jadi Karyawan Magang

Dikutip dari thread Kaskus.co.id: 10 Tips Sukses jadi Karyawan Magang

Hallo Agan dan Sista!

Kembali lagi bareng ane, Maya Arvini. Tapi sebelumnya ane mau ucapin “Selamat Menunaikan Ibadah Puasa bagi yang menjalankan ya”. Salam kenal buat yang belum tau siapa ane silahkan klik link ini ya. Beberapa Minggu belakangan, ane udah nulis tips-tips buat agan dan sista di kaskus seputar karir. Penasaran sama apa aja yang udah ane tulis? Cek ada di kategori “News & Info”, forum “Bisnis”sub forum “Dunia Kerja dan Profesi”, disitu agan dan sista bisa baca thread-thread yang udah pernah ane tulis.

Sebelum kita mulai ane mau perjelas aturan main sharing dan diskusi di thread ane ini:

1. Ane baca dan reply thread setiap hari jam 8 – 9 malem kecuali hari sabtu & minggu.
2. Untuk yg mau nanya boleh banget tapi ane ga akan jawab pertanyaan yg bersifat komplen, beraura negatif, bikin semua yg baca jadi bete.
3. Ane ga melayani pertanyaan konsultasi seputar produk Microsoft, IBM dan pertanyaan-pertanyaan seputar pribadi ane.
4. Ane hanya akan jawab agan yg nanya dengan sopan. Sopan adalah syarat wajib kita berdiskusi. Kalau thread ane atau jawaban ane ga memuaskan ga perlu di hina apalagi sampai kasar menghina pekerjaan ane atau numpang nampang di thread ane. Kita harus menghargai orang lain supaya orang lain menghargai kita.

Minggu lalu ane udah bahas tentang ” 10 Cara Membina Hubungan Baik dengan Rekan Kerja”. Yang belum sempet baca langsung cek link ini ya.

Kali ini ane mau bahas tentang Tips-Tips Supaya bisa Sukses jadi Karyawan Magang.
Bulan ini pas banget buat agan dan sista yg lagi libur Kuliah. Biasanya agan dan sista yg masih Kuliah punya 3 pilihan, ikut semester pendek, ambil magang atau leyeh-leyeh aja di rumah. Buat yg mau produktif pilihan untuk magang berasa seru karena tetap punya kesibukan walaupun lagi libur Kuliah. Magang walaupun hanya sementara biasanya dekitar 2-3 bulan tetep aja penting untuk membuat kesan yg baik di perusahaan. Biasanya program magang ada yg difasilitasikan oleh kampus tapi banyak juga yg mahasiswanya cari sendiri. Pastinya perlu perjuangan karena ga mudah untuk cari perusahaan yg ambil karyawan magang. Kalau agan sudah dapet tempat magang, sekarang saatnya serius untuk nyimak tips untuk Sukses dari ane.

Sebelum kita bahas lebih jauh, sebenarnya apa sih definisi “magang”? Definisi magang menurut Undang-Undang No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan, dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.


Sumber www.career.uconn.edu

Jadi magang sebenarnya cara untuk agan mengimplementasikan ilmu-ilmu yg sudah dipelajari di bangku kuliah. Belakangan banyak kampus yg mewajibkan program magang karena magang baguys untuk persiapan sebelum kerja di perusahaan setelah lulus Kuliah. Kenapa magang itu penting buat mahasiswa yg belum lulus? Berikut alasannya :

1. Menambah pengetahuan tentang dunia kerja
Magang merupakan waktu yang sangat tepat banget buat agan sista buat menambah segala pengetahuan mengenai dunia kerja secara real, agan bakal tau dunia kerja yang sebenernya seperti apa, ga cuma teori dan kata orang saja. Saat magang agan bakal disadarin kalau dunia kerja itu penuh dengan tantangan, tanggung jawan dan tidak mudah. Agan akan belajar gimana caranya bekerja sama dengan orang – orang yang udah lebih dulu terjun kedalam dunia kerja. Jadi agan bisa menggunakan momentum itu banyak – banyak mencari pengalaman dan menyerap ilmu yang ga didaperin di bangku kuliah.

2. Mengasah kemampuan komunikasi
Kemampuan berkomunikasi sangat penting karena agan akan berinteraksi sama banyak orang di kantor dan org-org tersebut agan ga kenal. Apalagi agan anak baru yg dianggap masih Belajar karena masih Kuliah, agan akan belajar bagaimana menyampaikan informasi yang baik dan benar kepada orang lain. Ga Cuma berkomunikasi dengan yg lebih senior, lebih tua, lebih banyak pengalaman, agan juga harus bisa membawakan diri dengan baik dan sopan supaya orang lain dikantor mau bantu agan.

Sumber Leadershipmadesimple.com

3. Belajar mengatur waktu
Dengan mengikuti magang agan bisa belajar banyak tentang bagaimana mengatur waktu dengan efektif dan efisien. Saat agan bener- bener masuk dalam dunia kerja nanti agan udah nggak kaget tuh buat ngatur waktu untuk bekerja dan juga untuk hal lainnya. Sewaktu magang nanti agan akan merhatiin bahwa kerja itu ga Cuma ngerjain satu atau dua tugas aja tapi beberapa tugas sekaligus, belum lagi ada meeting, koordinasi, diskusi, membuat laporan, review dan lain sebagainya dimana agan harus bisa mengatur waktu dengan baik supaya agan nggak kewalahan dan tetap enjoy sama pekerjaan agan.

4. Membangun etika kerja sejak dini
Poin yang satu ini yang paling ane tekankan banget. Untuk menjadi seorang profesional agan wajib membangun etika kerja sejak dini. Yg dimaksud dengan etika kerja itu seperti tahu peran dan tanggung jawab, bisa diandalkan, bisa dipercaya dan menyelesaikan tugas dengan baik. Ga semua orang memiliki kemampuan ini. Kemampuan ini ga datang begitu saja tetapi harus diasah. Semakin dini mengasahkan maka kita akan punya waktu untuk berlatih dan memperbaiki diri.

5. Menambah moda pengalaman di CV dan surat lamaran
Pengalaman secara otomatis akan bertambah jika agan melakukan magang. Nanti-nanti agan setelah lulus Kuliah, agan bisa masukin pengalaman magang agan di CV dan lamaran kerja sehingga menjadi nilai plus buat agan dan tingkat keterima kerja pun semakin terbuka lebar.

Lalu supaya bisa menonjol dan Sukses menjadi karyawan magang gimana caranya ? Berikut tips dari ane.

1. Memberikan kesan pertama yg baik
Ini tips yang wajib banget untuk dilakukan karena sebagai manusia setiap orang pasti akan menilai orang lain dari kesan pertama bertemu. Jadi pas awal agan masuk kantor tempat magang agan harus percaya diri, ramah, banyak senyum, yg pasti ga boleh berlebihan. Kalau diajak berkenalan atau ketemu orang baru jangan segan-segan samperin, berjabat tangan dan mengenalkan diri dengan percaya diri.


Sumber www.blog.chron.com

2. Berpakaian dengan pantas
Yg pasti walaupun status magang, kita tetap harus berpakaian dengan rapi dan sopan. Yg perlu diingat tiap perusahaan punya yang namanya budaya dan gaya berpakaian sendiri – sendiri. Kalau agan sama sista magang di perusahaan atau kantor yang nggak terlalu formal ya ikutin aja nggak usah berdandan formal. Akan tetapi biasanya secara umum pakaian seperti kemeja lengan panjang dan celana bahan akan bisa diterima oleh kantor. Jangan lupa sepatu pantofel, kaos kaki dan ikat pinggang (untuk yg laki-laki) wajib digunakan.
Untuk mudahnya supaya ga salah kostum, agan bisa Tanya bos agan dan perhatiin rekan – rekan kerja agan mereka berpakaian seperti apa. Pasti setelah agan liat cara berpakaian mereka tentu aja agan bisa mengira ngira mau pake pakaian apa pas magang. Yg harus diingat bahwa sebenanrnya penampilan itu penting untuk pekerjaan kita. Ane sudah pernah nulis tentang ini silahkan cek di thread “Menjaga Penampilan Penting untuk Pekerjaan Kamu”

3. Mencatat dengan seksama
Ini yang suka terlupakan sama anak – anak baru magang, “MENCATAT”. Mencatat adalah suatu yang penting banget agan lakuin pas magang, mulai mencatat jadwal, tanggal penting maupun info-info penting lainnya yang perlu diingat. Kenapa harus dicatat? Karena sekarang ini sudah terlalu banyak informasi yg kita terima jadi mencatat penting untuk keperluan preventif. Tempat mencatat bisa menggunakan laptop/komputer, tablet, sticky note, buku tulis dan lain sebagainya, Mencatat ini sebaiknya dibiasakan dan kalau sudah biasa pasti lebih mudah menyeleksi info mana yang perlu dicatat dan yang nggak perlu dicatat.


Sumber Postofficeshop

4. Jangan takut untuk bertanya
Malu bertanya sesat dijalan. Memang pas magang agan pasti belum terlalu deket sama orang – orang yang ada di lingkungan kerja agan. Tapi orang yang biasanya lebih gampang ditanyain adalah supervisor atau orang yg merekrut kita. Sebaiknya hindari yang namanya ngebangun persepsi pribadi, menilai orang tidak imbang atau bahkan sok tahu. Jadi kalau agan ngerjain tugas magang dan ketemu sama suatu hal yang agan nggak tahu atau nggak ngerti maka sebaiknya agan bertanya.
Jangan lupa jangan segala sesuatu sampai yg nggak penting juga ditanya dan usaha sendiri dulu kalau memang ga nemu jawabannya baru bertanya.

5. Jangan takut untuk mengutarakan pendapat
Biasanya anak magang suka takut untuk mengajukan pendapat, takut dimarahin, takut salah ngomong, takut salah jawab atau takut kelihatan kurang pinter. Sewaktu magang justru ini saatnya agan Belajar. Nggak usah takut atau malu buat mengutarakan pendapat. Yg penting ketika mengutarakan pendapat ga asal bunyi, menjawab dengan smart, dipikir dulu sebelum ngomong. Jangan lupa agan juga harus menyampaikan pendapat dengan bahasa yang baik, mudah dipahami dan sopan.

6. Beretika
Yg dimaksud denagn beretika itu adalah sopan, menghormati aturan perusahaan, tidak membocorkan rahasia perusahaan dan menghargai rekan kerja yg lain. Misalnya ketika kita menyampaikan pendapat ketika meeting, kita jangan memotong pembicaraan orang lain, menggunakan bahasa yang baik, formal, sopan dan jelas. Selain itu beretika juga bisa terlihat dari sikap kita yg menghormati aturan perusahaan. Contoh yg paling mudah seperti mengikuti peraturan jam masuk, melakukan absensi.
Selain itu ketika kita bekerja di suatu perusahaan walaupunay magang artinya semua info yg kita dapatkan ketika bekerja disana tidak boleh kita bocorkan. Jangan pernah agan sampai ngebocorin bahkan ga sengaja karena bisa fatal akibatnya.
Jangan lupa harus menghormati rekan kerja agan apalagi yg jauh lebih senior dari agan. Ga ada salahnya panggil bapak, ibu, mba atau mas supaya mereka merasa dihargai.

7. On time
Orang yg bisa diandalkan akan terlihat sikapnya dari bagaimana dia menghargai waktu. Biasanya karyawan magang itu bersifat sementara antara 3 – 6bulan. Selama magang tersebut kita harus bisa menunjukkan bahwa kita menghargai waktu. On time disini ga Cuma dalam hal datang kekantor atau meeting tetapi juga dalam hal ngumpulin dead line kerjaan. Sebisa mungkin jangan sampai telat dari deadline yg sudah diberikan. Intinya adalah harus bisa mengatur waktu dengan baik. Ada beberapa kultur perusahaan yg amat sangat menghargai waktu sehingga sejak magang pun akan terbiasa untuk disiplin, misalnya perusahaan Jepang.

“Better three hours too soon than a minute too late”- William Shakespeare
Sumber Brainyquotes

8. Menyelesaikan tugas dengan maksimal
Maksimal artinya tidak hanya mengerjakan tugas dengan cepat tetapi juga tepat, akurat dan baik kualitasnya. Percuma ngumpulin tugas cepet-cepet kalau ternyata kualitas kerjaannya kurang baik. Biasanya kalau kita ngerjain buru – buru kita suka nggak teliti. So tetep tenang dan kasih hasil yang maksimal. Menjaga kualitas kerjaan dengan baik adalah kemampuan, jadi punya keinginan untuk bekerja keras dan menjaga kualitas juga harus diasah sejak dini.

9. Jangan suka komplen dan ngegosip.
Komplain dan ngegosip adalah hal-hal yg harus dihindari karena ga ada gunanya. Komplen itu hanya menyebarkan energy negative. Kalau ngegosip malah bisa berakibat orang fitnah kita atau kita bisa jadi musuhan sama orang. Memang banyak banget godaan untuk ngegosip apakah itu ngegosip sesama rekan kerja, ngomongin atasan dan sebagainya. Sebaiknya kalau lagi kumpul dan obrolan mengarah kesana, agan jangan ikutan karena orang bisa salah paham disangka agan terlibat pembicaraan ngomongin orang lain. Masa magang sebaiknya focus pada hal positif dan mencari pengalaman.


Sumber www.seoandy.net

10. Bangun network di kantor
Sewaktu magang agan nggak boleh berdiam diri aja, coba cari teman sebanyak-banyaknya baik satu divisi maupun beda divisi supaya network agan terbangun. Dengan kenal banyak orang, agan akan banyak Belajar, banyak dapet tips dan info dari rekan kerja yang bisa aja memudahkan kita untuk ngerjain tugas kita kedepan.
Bersikaplah baik lah kepada semua orang, niscaya orang lain tersebut bakal baik juga sama kamu. Ane sudah membuktikan berkali-kali, dari sejak IBM,Microsoft dan sampai saat ini kalau kita banyak bantu orang pasti akan banyak orang mau bantu kita.


Sumber www.cdn.sheknows.com

Sekian tips dari ane, semoga bermanfaat ya !

Leave a Reply

%d bloggers like this: