PUBLIC SPEAKING CLASS WITH AKADEMI BERBAGI

by Ellyza Rachmawati

Minggu pagi lu pada kemana coyy?? Cfd, kepasar, ato masih molor ?? hahaha. Minggu ini gue pergi coyy, melancong ke jekardah (maklum gue anak gaul tangsel). Gue ke DBS tower yang deket mall ala2 korea itu. Pagi2 gue udah bejubel naik commuter line demi ikut nih seminar. Yapp seminar dari Akber. Tau gak lu Akber? Akademi Berbagi coyy, salah satu social platfrom yang menaungi para  volunteer dan memberikan kelas gratis apapun bidang ilmunya. Seminar ini merupakan perwujudan dari spark dari DBS bank. Tau gaks park apaan? —— *SPARK adalah percikan pemikiran atau kumpulan ide untuk mewujudkan sebuah tujuan yang positif disertai dengan energy dan semangat, baik yang dimiliki oleh setiap individu maupun kelompok atau komunitas bahkan sebuah bangsa. (Lebih lengkapnya liat diwww.dbs.com/spark).

Yang ikut seminar para volunteer Akber, seminarnya eksklusif banget hehehe sekitar 20-an orang tapi serulahh ,lebih focus dan konsen. Para volunteer ini udah pada kerja tapi semangatnya masih tinggi untuk cari ilmu dan berbagi, kayak mereka bilang berbagi bikin happy. Yepp betul tuh.

Ada 2 sesi untuk kelas di hari itu yang pertama Communication with Confidence yang dibawakan Mbak Maya Arvini dan Speaking with Confidence yang dibawakanoleh Prabu Revolusi.

Gueikut seminar yang pertama aja. Materi seminar tentang communication skill tapi levelnya lebih tinggi (buat setingkat employee) yang dibawakan oleh Mbak Maya, seorang professional aka wanita karir tapi juga seorang penulis buku dari Career First, speaker seputar dunia karir, dan mentor. Okay, nih basic skill yang susah2 gampang dan yang paling penting dan mendasar.

Di awal sesi Mbak Maya ngasih video yang menunjukkan communication skill di dunia kerja. Dan videonya adalah the apprentice episode Donald Trumph mecat 4 orang langsung. Kebayangkan kalo di kemudian hari kite2 jadi bos (aamiin) terus harus ngambil keputusan yang krusial kayak mecat orang, kan harus dipertimbangkan mateng2 dan disampaikan dengan tepat pula. FYI, The apprentice nih semacam reality show kayak big brother cuma para pesertanya ditantang untuk nyelesein project bisnis. Super seru. Yang suka bisnis, marketing, lu harus nonton. Harus !!!

DSC04057 (640x425)

Mbak Maya membuka sesi seminar Communicate with Confidence

 

Oke, saatnya gue certain ilmu apa aja yang gue dapet.Komunikasi — pentinglah, klo gak ngomong ,orang mana akan tau maksud kita. Masa mau diem aja n main kode2an coyy ,hahaha. Contoh simple dari  Mbak Maya yang pasti lupa dan galamin yaitu komunikasi dengan teman sekos (alias negur temen), pasti lu pada mikir gampang, tapi pada kenyataanya itu susahhhh banget. Jadi takut serba salah because it  happened  to me. Namanya juga skill, kalo mau oke ya harus terus menerus dipraktekkin. Komunikasi itu menentukan gimana lu sama lawan bicara lu bisa get along. Di kampus kebetulan gue juga belajar bermacam-macam komunikasi, dari komunikasi bisnis, komunikasi dalam penerapan Good Organization Governance, dan komunikasi yang mengarah pada interpersonal development. Intinya sama aja, komunikasi itu adalah proses penyampaian informasi dari sender ke receiver melalui beberapa pilihan chanel sesuai dengan tingkat urgensi. Salah satu penerapan komunikasi yang baik adalah kita semua bisa milih chanel yang tepat , gak melulu pake line atau instant messaging lainnya. Kita harus bisa memilah kapan saat yang tepat untuk menyampaikan pesan lewat instant messaging, email, telefon, surat, SMS, ataupun face to face. Nah beberapa komponen komunikasi lain yang harus diperhatikan adalah generation gap, cultural differences, languange barrier, dan pastinya noise atau gangguan.

– Communicate with Confidence –

Nah ,kenapa PD penting? PD adalah Basic daricommunication skill. Mau pinter kayak apapunkalogakbisamenyampaikan ide yapercuma. Ide lulewataja sob…

Confidence maksudnyaadalahtrust in your capabilities terlihat dari kontak mata dan intonasi. Percaya pada kemampuan itu sangat penting karena akan menunjukkan leadership kita. Salah satu komponen dari leadership adalah memberikan pengaruh kepada orang lain yang dilakukan melalui komunikasi kayak pidato, ceramah, dll. Kalokita PD akan terlihat dari konten yang kita sampaikan, bagaimana cara kita menyampaikan, dan bagaimana audiens bias menerima pesan yang disampaikan. Pokoknya bias ngena banget.

Anyway, salah satu hal yang menunjang kepercayaan diri pada saat sedang public speaking adalah PENAMPILAN. Penampilan disini gak Cuma grooming atau pakaian yang dikenakan tapi juga PERSONAL BRANDING.Penampilan akan menunjukkan professionalism kita. Orang akan mengenal lu sebagai apa dan siapa lewat penampilan. So, jaga diri lu baik2 yaaJ

Buat lu pada, gak ada kata terlambat untuk belajar dan berkembang. Practice itu penting, jadi manfaatin waktu lu saat di bangku kuliah untuk mengasah presentation skill lu, baik dari cara bikin slide yang attractive serta cara penyampaian yang jelas dan persuasif.

Hal-hal yang pastinya wajib kita semua lakuin untuk mempersiapkan diri adalah :

Maintain Good Habit

Sering-sering baca buku, dateng ke seminar dan workshop, buka forum diskusi bareng temen. Biar punya banyak referensi pas kita lagi ngobrol atau pas lagi public speaking. Anak jaman sekarang suka males baca (kayak gue bukan anak jaman sekarang aja, hahaha) padahal ini penting banget untuk berkarir di masa yang akan datang.

Admit what we don’t know

Down to earth ajalah, kalo gak tau ya bilang ga tau. Jangan sotoy, hehehe. Kalo sotoy bikin orang sebel dan ga mau dengerin kita.

Establish credibility

Kredibilitas ditunjukkan dari cara kita ngomong , hal-hal pernah kita lakuin, kharisma, dan kepercayaan/opini orang lain terhadap kita.Misalnya kalau kita berjanji ya harus ditepati. Karena credibility itu yang menilai orang lain bukan diri sendiri.

Sharpen skills and knowledges

Jangan Cuma kuliah tok, aktif di organisasi atau komunitas juga. Disono kita bakal banyak belajar dari orang lain, mengasah team work, leadership, collaborating, neetworking dan banyak deh. Pengalaman organisasi itulah yang akan sangat membantu kita buat kedepannya.

DSC04065 (640x425)

Mbak Maya Arvini menerima kenang-kenangan dari perwakilan Bank DBS Indonesia

 

Sedikit cerita nih tentang Mbak Maya. Ternyata bakat Mbak Maya yang bias cas cis cus kalo lagi presentasi itu udah dipupuk dari kecil. Dari mulai SD udah aktif organisasi, lha kita pas SD masih sibuk ngejar layangan HAHAHA.  Pergaulannya luas, banyak temennya. Apalagi beliau kerjaannya di bagian sales and marketing di IBM sama Microsoft dulu, jadi banyak ketemu berbagai jenis orang yang beda kepribadian, profesi, dari level atas sampe bawah.  Beliau aktif mengajar juga dari mulai kuliah sampe sekarang, dulu Mbak Maya jadi asdos secara doi cumlaude dan sekarang jadi mentor speasialis office life dan karir.

DSC04069 (640x425)

Mbak Maya foto bersama seluruh peserta Spark Bank DBS Indonesia dengan timAkademi Berbagi (Itu gak ada muka guecoyy, soalnya gue yang moto wkwkw)

 

Dah segitu aja cerita gue, kapan2 kalo ada kesempatan bakal gue share lagi.  Kalo mau baca blog lain tentng kegiatan ini pls cekidot  -> CLICK HERE

dan satu cerita lagi cekidot !

Bhay! :) :) :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *