Ini Cara Untuk Menjaga Semangat Bekerja

Hai Agan dan Sista!

Kembali lagi bareng ane, Maya Arvini. Buat yang belum tau siapa ane silahkan klik link ini ya. Beberapa Minggu belakangan, ane udah nulis tips-tips buat agan dan sista di kaskus seputar karir. Penasaran sama apa aja yang udah ane tulis? Cek aja di kategori “News & Info”, forum “Bisnis” sub forum “Dunia Kerja dan Profesi”, disitu agan dan sista bisa baca thread-thread yang udah pernah ane tulis.Sebelum kita mulai ane mau perjelas aturan sharing dan diskusi di thread ane ini :1. Ane baca dan reply thread setiap hari jam 8 – 9 malem kecuali hari sabtu & minggu.2. Untuk yg mau nanya boleh banget tapi ane ga akan jawab pertanyaan yg bersifat komplen, ber-aura negatif, bikin semua yg baca jadi bete.3. Ane ga melayani pertanyaan konsultasi seputar produk Microsoft, IBM dan pertanyaan-pertanyaan seputar pribadi ane.4. Ane hanya akan jawab agan yg nanya dengan sopan. Sopan adalah syarat wajib kita berdiskusi. Kalau thread ane atau jawaban ane ga memuaskan ga perlu dihina apalagi sampai kasar menghina pekerjaan ane atau numpang nampang di thread ane. Kita harus menghargai orang lain supaya orang lain menghargai kita.oiya ane juga mau ngucapin HAPPY ANNIVERSARY untuk KASKUS yang ke-16

Kali ini ane akan membahas tentang bagaimana agan sista menjaga semangat kerja. ane nulis ini biar kedepannya bisa menyambut hari senin dengan bahagia karna Senin adalah hari yang jadi ujung tombak untuk seminggu ke depan .
Ane nulis thread ini supaya agan dan sista bisa memulai hari dengan semangat 45 !! dan HILANGKAN asumsi bahwa Monday = Monster day.
Buat kebanyakan orang, hampir sepertiga harinya dihabiskan untuk bekerja. Bahkan ada yang merasa 24 jam itu ga cukup. Tapi ada juga yang kepingin 8 – 10 jam di kantor berlalu dengan cepat .


sumber : Dokumen Pribadi. Acara Microsoft Outing di Bogor tahun 2011.

Pernah gak sih agan sista merasa bosen, stuck, dan lelah dengan rutinitas kerja? Hampir semua pasti pernah ngerasain , apalagi kalo inget tumpukan kerjaan atau ada problem rasanya berat banget buat ke kantor. Kadang udah bikin daftar kerjaan yg harus diselesaikan hari itu dan berharap akan terus semangat ngerjain tapi ada aja hal-hal yang bikin down dan ga semangat. Sayangnya mau sebesar apapun rasa malas dan ga semangat, agan sista harus tetap bekerja dan menyelesaikan kerjaan. Memang sindrom tersebut wajar dialami oleh orang-orang yang setiap hari menjalani rutinitas yang sama. Tapi mau bagaimana pun agan sista harus menjaga semangat dan jika udah down harus tahu gimana caranya menaikkan semangat kerja lagi supaya bisa memberikan performa dan hasil terbaik.
Ane akan mulai dengan membahas hal-hal yang bikin agan sista down dan ga semangat kerja. Apa aja diantaranya ? Cekidot.

1. Bosan

Hal yang paling sering bikin ga semangat adalah BOSAN. Bosan bisa menyebabkan agan dan sista kehilangan minat untuk mengerjakan sesuatu. Setiap manusia pasti pernah ngerasain titik bosan atau jenuhnya masing-masing. Rasa bosan bisa saja timbul karena rutinitas kerja dari hari ke hari itu-itu aja dengan cara yang sama dan tanpa ada perubahan. Kerja 8-10 jam apalagi banyak di depan komputer selama 5 hari bahkan ada yg hari Sabtu juga kerja dalam seminggu tanpa ada sesuatu yang bisa melecut mood dan spirit agan dan sista. Kerja seperti berasa rutinitas.

2. Lingkungan kerja yang tidak kondusif

Lingkungan kerja yang tidak kondusif itu seperti fasilitas kantor yang kurang memadai, kondisi kubikal kantor yang kurang membuat agan sista nyaman dalam bekerja, rekan-rekan di sekeliling agan sista gaduh dan berisik sehingga menganggu fokus dan konsentrasi, atau bisa saja rekan-rekan kerja agan sista yang suka rumpi dan mengeluh ini itu yang akhirnya bisa menurunkan mood dan semangat agan sista untuk bekerja. Atau suasana kantor yg tidak menyenangkan karena terlalu kental politik kantor sehingga membuat agan tidak betah. Keluhan atau hawa-hawa negatif dari orang lain bisa memprovokasi agan sista untuk ikutan mengeluh dan tidak semangat bekerja.

3. Merasa atasan dan atau rekan kerja tidak memperlakukan kita dengan baik

Dalam menjalin hubungan dengan sesama, apalagi bertemu hampir setiap harinya tidak jarang ada aja konflik yang timbul dengan rekan kerja di kantor. Seringnya, konflik yang timbul di lingkungan kerja lebih banyak dipengaruhi oleh politik kantor. Kebayang kan gimana rasanya kalo kerja tapi hati rasanya dongkol banget karena lagi ada problem dengan rekan kerja. Rasanya males banget ke kantor apalagi kalo ketemu si rival. Kadang ada aja orang benci atau sebel sama kita padahal kita gak ngelakuin apa-apa dan akhirnya secara ga langsung kita jadi bulan-bulanan rekan-rekan kerja yang lain. Hal tersebut pastinya mempengaruhi mood dan spirit kerja agan sista, ujung-ujungnya performa dan output yang agan sista berikan juga bisa kurang maksimal.

Ane pernah nulis tentang mengatasi konflik di kantor, cekidot llink ini

4. Kebijakan kantor yang tidak sesuai dengan ekspektasi
Ini bisa macem-macem contohnya, antara lain tidak mendapat bonus sesuai seharusnya, kebijakan cuti, kebijakan promosi, ganti boss ganti style yg belum tentu cocok dengan kebiasaan kerja yang udah diterapin sebelumnya.

5. Beban kerja yg tinggi karena berbagai alasan

Ada beberapa type pekerjaan dengan beban kerja tinggi sehingga setiap hari hampir selalu pulang malam kerjaan ga selesai-selesai. Contohnya di dunia konsultan, IT, auditor ataupun event organizer. Jika beban kerja terus menerus tinggi, setiap hari pulang malam akibatnya badan dan mental menjadi lelah. Jika dilakukan dalam jangka panjang akhirnya menjadi tidak semangat kerja dan terkadang ingin keluar dari pekerjaan.

Masih inget kan dulu gimana rasanya muter-muter nyari kerjaan yang sesuai. Nyari kerja aja udah susah, kalo gak semangat trus gak bisa ngasih performa terbaik akan bisa berdampak buruk buat karir kedepan. Jadi kalau kita mau Sukses, bosen, jenuh, capek itu hal biasa yg penting adalah kita harus cepet-cepet bisa bangkit biar ga berlarut-larut. Karena bisa jadi gara-gara ga semangat agan sista jadi males dan akhirnya kerja menjadi berantakan.
Semangat kerja merupakan dorongan kepada seseorang untuk giat bekerja untuk memberikan hasil kerja yang terbaik dan bisa memberikan kepuasaan bagi diri sendiri dan orang lain. Dorongan tersebut bisa berasal dari diri sendiri atau dari luar. Tapi berdasar pengalaman ane, kalau kita mau Sukses semangat tersebut harus muncul dari dalam diri.


sumber : http://guraru.org/guru-berbagi/memba…at-pascalomba/

Orang yg bekerja dengan semangat tinggi biasanya mudah dikenali. Ciri-cirinya antara lain, suka bekerja keras dengan tujuan memberikan yg terbaik, disiplin dan fokus pada tujuan jangka panjang, bekerja dengan ikhlas dan ceria dan biasanya memiliki kepuasan kerja di tempat kerjanya.

So penting buat kita untuk menjaga semangat kerja kita untuk mencapai tujuan karir kita. Gimana caranya ? cekidot.
1. Fokus pada tujuan utama kita bekerja
Balik lagi ke tujuan agan dan sista bekerja. Nggak hanya sekedar gaji gede kan tapi bisa juga jenjang karir atau jabatan. Kalo inget apa yang dicita-citakan, semangat kerja yang agan sista miliki akan terasa di-charge kembali dan menjadi motivasi untuk menjaga semangat kerja. Misalkan aja agan sista pingin dapet promosi kerja, inget terus cita-cita itu biar tetep semangat sehingga bisa kasih performa kerja terbaik. Bisa juga agan sista bercita-cita ingin punya usaha sendiri, makanya agan dan sista harus giat bekerja untuk ngumpulin modal usaha.

2. Jalin hubungan yg baik dengan atasan dan rekan kerja

sumber : http://www.123rf.com/photo_10170523_…a-meeting.html
Kantor merupakan rumah kedua dan tempat mengeluarkan ide – ide kreatif ,agan sista pastinya pengen memberikan kontribusi terbaik untuk karir meskipun harus menghadapi rutinitas kantor yang seringkali bikin stres . Nah hal tersebut secara tidak langsung memiliki kaitan erat dengan lingkungan sekitar seperti bagaimana menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja. Menciptakan suasana yang menyenangkan ketika di kantor itu sesuatu yang penting banget. Tujuannya biar agan dan sista bisa bekerja dengan baik terus tercipta suasana di kantor yang aman dan nyaman. Hubungan yang buruk dapat menyebabkan suasana yang ga fun, ga harmonis, tegang , dan ujung-ujungnya berdampak dikerjaan agan dan sista.
Ane sudah pernah menulis tentang membina hubungan baik dengan rekan kerja beberapa waktu lalu. Silahkan disimak di link ini :

3. Bangun sikap positif di kehidupan Pribadi dan tempat kerja
Bersikap positif diperlukan agar agan dan sista bisa menerima segala sesuatu dengan tenang serta menyikapi setiap pekerjaan sebagai tantangan yang harus agan sista tuntaskan dengan baik. Kalo udah gitu, agan sista akan selalu siap untuk belajar hal-hal baru. Dikasih kerjaan yang levelnya lebih tinggi atau sulit siap-siap aja. Kebayang kan kalo agan sista selalu ngeluh sama kerjaan yang dikasih, malah bikin stress dan gak selese dengan baik. Dan inget untuk selalu bersyukur, mungkin di luar sana banyak orang lain yang mengidamkan posisi kerja agan sista. Hal termudah untuk mulai bersikap positif adalah dengan bersyukur, lalu cobalah berbicara hal-hal yang positif, jangan pernah komplen, berkumpul lah dengan orang-orang yang positif, dan jangan lupa memiliki mindset positif.

3. Olahraga rutin, jangan lupa jaga makanan
Ini hal krusial yang sering disepelehkan, karena saking sibuknya banyak orang tidak bisa menyempatkan diri untuk olahraga dan lali untuk menjaga pola makan. Padahal dua hal tersebut akan sangat membantu agan sista untuk stay fit n healthy. Mau gimanapun semangat agan sista tapi kalo udah sakit , ya bisa apa? 

Gak perlu mikir olahraga yang rumit, yang simple aja kayak jalan kaki menuju kantor , streching sederhana setelah bangun tidur. Beberapa kantor memberikan fasilitas fitnes, senam aerobik, yoga, futsal, dan lain sebagainya. Nah, manfaatkan fasilitas itu gan sis apalagi hampir seharian duduk terus di kantor. Untuk masalah makan juga nih, mentang-mentang sibuk banget apa aja dimakan atau kalo gak gitu suka menunda makan, ngga baik untuk kesehatan kita. Investasi terhadap kesehatan harus dilakukan sejak dini karena akibatnya baru akan dirasakan ketika beumur nanti.

4. Menjaga penampilan dengan baik
Awali hari dengan semangat salah satunya dengan mempersiapkan diri dengan baik untuk pergi ke kantor. Pilih outfit yang nyaman dan bisa menunjang penampilan agan dan sista. Berdandan dengan serapi dan sebaik mungkin agar mencerminkan agan dan sista sebagai pribadi yang siap dan semangat. Kalo dandannya oke kan enak dilihat ya ga?   terutama bagi sista yang suka mix n match baju atau istilah kerennya OOTD (Outfit of The Day).
Ane juga sudah pernah menulis tentang “Menjaga Penampilan Penting untuk Pekerjaan Kamu”. Cekidot di link iniya :

6. Take a break dengan mendengarkan musik
Kalo udah capek ngerjain tugas kantor, ambil beberapa menit buat istirahat, salah satunya bisa dengan mendengarkan musik biar ga penat. Ane kadang suka kerja sambil dengerin musik biar bisa menikmati kerjaan, biasanya kalau sudah sore atau malam. Tapi ga semua orang bisa dengerin musik sambil kerja. Nah buat yang ga bisa kerja dengan musik, kalo capek berhenti sejenak dan nikmati satu – tiga lagu biar ga stress.

7. Atur ulang meja kerja
Menata ulang ruangan atau meja akan bisa membuat agan sista betah di kantor. Kalo udah betah kan semangat kerja bakalan oke juga. Kalo meja nyaman dan enak dipandang kan bikin fresh pikiran juga. Tata dokumen-dokumen biar ga berserakan, kasih aksesoris yg agan suka, pajang foto orang-orang tersayang atau tempel kata-kata yg memotivasi kita dalam bekerja dan berkarya. Secara ga langsung, ruang kerja atau meja akan mencerminkan kepribadian si pemiliknya.

8. Adakan acara rutin internal baik formal maupun informal
Acara-acara yang diadain kantor ataupun yang iseng diadain bakalan jadi penambah semangat dan salah satu cara untuk menghilangkan kepenatan kerja. Selain itu, bisa juga buat agan sista dan temen2 kantor lebih akrab. Ane dan temen kantor suka bikin acara liburan bareng , bisa jadi sarana ngilangin stress berjamaah  . biasanya lewat acara-acara tsb, agan sista bisa lebih kenal sama rekan kerja yg lain dan bisa lebih banyak sharing , mungkin juga bisa dapet masukan dari temen2 biar makin semangat kerja dan solid sama rekan kerja.
Acara yg bersifat rutin biasanya meeting, ga ada salahnya meeting Resmi didalam ruangan bisa diganti dengan ngopi bareng atau makan siang bareng. Dengan berpindah tempat tidak akan menghilangkan esensi untuk berrdiskusi tentang pekerjaan. Dan sebaliknya jika kita memiliki hobi misalnya olahraga kita bisa minta tim SDM/HRD memfasilitasi kegiatan olahraga ini. Misalnya dengan memanggil trainer yoga ke kantor sehingga agan dan rekan kerja sama-sama bisa menikmati kegiatan informal ini.

9. Ambil cuti
Ini nih yang ditunggu2
tapi jangan sembarangan ambil cuti ya gan sis, tentukan tanggal-tanggal atau momen-momen yang strategis buat cuti , misalnya hari kepejit atau pas agan ulang tahun. Tujuannya supaya setelah cuti dan masuk kerja lagi agan jadi semangat kerja lagi.
Jangan lupa sebelum cuti, selesaikan tugas-tugas penting agan dan sista. Jangan sampai pas cuti kerjaan lagi numpuk, malah bikin liburan ga tenang. Jika perlu,delegasikan tugas-tugas kepada rekan kerja atau bawahan anda. Serta jangan lupa kasih tau rekan-rekan kerja agan sista agar kerjaan yang terkait dengan mereka ga berantakan karena agan sedang cuti.

10. Grateful, rayakan kesuksesan bersama rekan2 kerja
Jangan lupa bersyukur atas apa yang telah didapat. Jika agan sista berhasil sukses di sebuah proyek jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait yang telah membantu, selain sebagai bentuk apresiasi juga sebagai pelecut semangat kerja biar kedepannya bisa meningkatkan prestasi.


sumber : (http://citraardhita.com/?p=592)

Agan dan sista, pasti akan ada hari – hari yang membuat orang merasa kehilangan semua semangat kerjanya. Mungkin karena capek dan lelah. Sekali dua kali wajar lah, tapi jangan sampe berlarut-larut. Oleh karena itu menjaga fokus dan semangat kerja itu sangat penting. Sekian ane. Stay tune di thread berikutnya ya. Semoga bermanfaat !

Quote:“When he worked, he really worked. But when he played, he really PLAYED.”
― Dr. Seuss

Twitter & Instagram : @mayaarvini
Facebook : Maya Arvini & Career First
www.mayaarvini.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: