Ayo Miliki 10 Kebiasaan Hidup yang Positif

Dikutip dari thread kaskus.co.id: Ayo Miliki 10 Kebiasaan Hidup yang Positif

Hai Agan dan Sista!

Kembali lagi bareng ane, Maya Arvini. Buat yang belum tau siapa ane silahkan klik link ini ya. Beberapa minggu belakangan, ane uda nulis tips-tips buat agan dan sista di kaskus seputar karier. Penasaran sama apa aja yang uda ane tulis? Cek aja di kategori “News & Info”, forum “Bisnis”sub forum “Dunia Kerja dan Profesi”, disitu agan dan sista bisa baca thread-thread yang uda pernah ane tulis.

Sebelum kita mulai ane mau perjelas aturan sharing dan diskusi di thread ane ini :

  1. Ane baca dan reply thread setiap selasa dan kamis jam 8 – 9 malem.
  2. Untuk yang mau nanya boleh banget tapi ane ga akan jawab pertanyaan yang bersifat komplen, beraura negatif, bikin semua yang baca jadi bete.
  3. Ane ga melayani pertanyaan konsultasi seputar produk Microsoft, IBM dan pertanyaan-pertanyaan seputar pribadi ane.
  4. Ane hanya akan jawab agan yang nanya dengan sopan. Sopan adalah syarat wajib kita berdiskusi. Kalau thread ane atau jawaban ane ga memuaskan ga perlu dihina apalagi sampai kasar menghina pekerjaan ane atau numpang nampang di thread ane. Kita harus menghargai orang lain supaya orang lain menghargai kita.

Sebelumnya ane uda bahas tentang cara mengapresiasi rekan kerja. Yang belum sempet baca, bisa klik link ini.

Sumber: http://www.lebahmaster.com/wp-content/uploads/2015/02/Kebiasaan-Sukses-Orang-Kaya.png

Sumber: http://www.lebahmaster.com/wp-content/uploads/2015/02/Kebiasaan-Sukses-Orang-Kaya.png

Orang yang sukses tentu tidak lepas dari pengaruh lingkungan keluarga, sekolah, lingkaran pergaulan, hingga role model yang menginspirasi. Peristiwa yang kita hadapi juga berperan dalam pencapaian kesuksesan tersebut. Tapi sebenarnya yang paling menentukan setiap pencapaian atau prestasi adalah diri kita sendiri. Hal ini sesuai dengan pepatah yang mengatakan bahwa “you build your own destiny”. Buat ane, pepatah itu benar dan ane mempercayainya sejak kecil. Karena ane percaya dengan pepatah tersebut, ane selalu berhati-hati dalam bersikap termasuk dalam memilih dan membangun kebiasaan hidup. Percaya atau ga, kebiasaan dapat mempengaruhi kepribadian dan karakter seseorang yang nantinya akan selalu dibawa kemana saja kita pergi termasuk saat bekerja. Makanya memiliki kebiasaan yang positif itu sangatlah penting gan. Nah dalam thread kali ini ane mau share kebiasaan-kebiasaan positif yang dapat diterapkan untuk menciptakan gaya hidup yang sehat dan produktif. Yuk simak penjelasan ane!

1. Bangun pagi

Adakah di antara kita yang masih malas bangun pagi? Entah karena begadang atau insomnia kita kadang sering bangun telat alias kesiangan. Malah ada beberapa orang yang ga bisa tidur sebelum di atas jam 12 malam. Mereka seperti itu karena uda kebiasaan begadang sewaktu masih sekolah atau kuliah. Ujung-ujungnya malas bangun, telat masuk kelas, dan diusir dosen. Amit-amit ya! Oleh karena itu, jangan tidur larut malam dan mulai biasakan diri bangun pagi. Bangun pagi itu banyak banget manfaatnya lho. Kita bisa menikmati udara pagi yang masih segar, suasana pagi yang masih tenang, dan mandi pagi yang tentunya sangat menyegarkan dan menjadikan kita lebih bersemangat untuk beraktivitas. Ini bisa terjadi karena suasana pagi sangat cocok untuk me-refresh pikiran kita sehingga siap menghadapi tugas dan tantangan setiap harinya. Ane sendiri biasa bangun sekitar jam 5 pagi. Mau jam berapapun tidur karena sudah terbiasa Bangun jam 5 pagi maka badan ane sudah otomatis kebangun. Enaknya ane jadi punya banyak waktu untuk ngapain aja karena relatif Bangun cukup pagi. Kalau udah Bangun biasanya ane langsung gosok gigi dan cuci muka.

Opportunities are like sunrises. If you wait too long, you miss them.William Arthur Ward, America’s writer.

2. Minum air putih yang banyak dan sarapan

Di antara semua minuman yang ada, air putih tetap menjadi yang paling sehat. Kandungan mineralnya sangat dibutuhkan tubuh karena faktanya seluruh organ tubuh kita membutuhkan cairan yang cukup agar bisa menunjang aktivitas kita dengan baik. Salah satu manfaatnya adalah membuat kita awet muda dan tampak selalu segar. Agan dan sista udah ga perlu bingung lagi kenapa ane keliatan awet muda? Rahasianya habis Bangun pagi ane langsung minum 2  gelas air putih. Jujur aja ane nyaris ga pernah minum minuman bersoda, emang ga suka juga sih. Jadi kebiasaan minum air putih sudah sejak dulu kala. Kenapa ane enjoy minum air putih ? Jadi saat kita merasa lesu dan stres karena pekerjaan, air putih ini akan membantu me-refresh tubuh dan pikiran kita. Selain itu sarapan juga penting lho. Kita sangat dianjurkan untuk sarapan agar memenuhi energi di pagi hari sebelum beraktivitas. Biasanya kalau ga sarapan, tubuh jadi lesu dan ga bisa berkonsentrasi dengan baik. Tentu kita ga mau kan? Ane sendiri biasanya makan pagi dengan makan musti pakai susu.

3. Olahraga di pagi hari

Sumber: Dokumentasi Pribadi, Ane acroyoga bareng PT ane di studio.

Sumber: Dokumentasi Pribadi, Ane acroyoga bareng PT ane di studio.

Nah ini nih kebiasaan baik tapi uda banyak yg mulai meninggalkan. Alasannya beragam, antara lain males, terlalu (sok) sibuk ga ada waktu buat olahraga, dan beragam alasan lain. Tapi kalau ane selalu meluangkan waktu di pagi hari untuk olahraga. Awalnya memang malas gan, tapi kalau uda dibiasakan bakalan enjoy kok. Sebenarnya kebiasaan ini mulai ane lakukan mengingat rekan kerja ane yang umurnya sekitar 40-an uda pada sakit-sakitan dan ada juga yang meninggal. Tuntutan pekerjaan memang kadang terlalu berat dan mengharuskan kita bekerja sampai larut malam bahkan ga mengenal waktu. Jam makan pun ga jarang jadi terbengkalai. Makanya harus diimbangi dengan olahraga. Ga pelu olahraga yang terlalu berat kok. Mulai dari yang paling sederhana aja, misalnya jalan atau lari pagi sekitar 30 menit minimal 3x seminggu. Ane sendiri mulai olahraga pagi jam 6.30 dengan jogging kemudian ane lanjutin dengan nge-gym. Saat jogging ane suka banget dengerin buku pake earphone, namanya audio book jadi sambil jogging berasa sambil belajar. Jadi olahraga tidak hanya fokus pada kesehatan fisik aja, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk menyerap informasi melalui baca buku/berita. Jadi double manfaat kan gan. Makanya mari mulai biasakan diri melakukan kebiasaan baik yang satu ini.

4. Baca Berita

Kemajuan teknologi menyebabkan kita bisa melek informasi dengan mudah. Saat ini uda banyak situs online yang menyajikan beragam berita. Jadi ga ada alasan buat kita untuk ga baca berita. Membaca berita itu penting lho. Apalagi saat kita mau ngelamar kerja. Ga jarang saat interview kerja kita selalu ditanya tentang isu yang lagi booming dan opini kita tentang isu tersebut. Bayangkan aja, kalau kita malas baca berita tentu ga akan bisa menjawabnya dengan baik bukan? Bisa jadi hal itu akan memperkecil kemungkinan kita untuk diterima di perusahaan yang kita impikan. Malah ada orang HRD yang langsung menolak calon karyawan hanya karena ia bilang ga membaca berita saat ditanya sewaktu interview. Hal ini menunjukkan bahwa membaca berita itu sangat penting. Kita ga hanya melek informasi tapi juga jadi orang yang open-minded dan ga kudet alias kurang update. Jadi saat ngobrol sama orang lain, apapun jabatan mereka, kita bisa nyambung dan tau apa yang mereka bicarakan. Ujung-ujungnya bisa nambah relasi lho.

“The more that you read, the more things you will know. The more that you learn, the more places you’ll go.” ―Dr. Seuss, American author and cartoonist.

5. Maintain positive attitude

Ane sering interview kandidat yang IPK-nya cum-laude tapi attitude-nya kurang bagus. Jadi ane lebih milih kandidat yang IPK-nya 3,1 tapi punya attitude yang baik. Alasannya sederhana gan, kerja itu ga cuma mengandalkan kepandaian aja. Tapi juga kemampuan beradaptasi dan bekerja sama dengan orang lain. Sekarang ini hampir ga ada satupun pekerjaan yang bakalan tuntas 100% jika dikerjakan sendiri. Banyak kerjaan yg membutuhkan bantuan orang lain dan bekerja dalam tim. Bayangin aja,kalau kita punya attitude yang buruk tentu orang lain akan enggan membantu dan bekerjasama dengan kita. Hasilnya, pekerjaan ga akan bisa tuntas dengan baik. Attitude yg baik ditandai dengan sopan terhadap orang lain, tidak suka komplen dan suka mengapresiasi orang lain. Hal seperti ini kelihatan banget kok. Dengan adanya positive attitude dalam diri kita akan memberikan aura yg baik juga sehingga bisa membuat orang betah untuk diskusi dan bekerja bersama dengan kita. Oleh karena itu, selalu hati-hati dalam bertindak ya gan. Contoh attitude yg baik adalah jujur kepada atasan atau rekan kerja. Jika sekali aja kita berbohong, maka akan sulit bagi kita untuk mendapatkan kembali kepercayaan orang lain. Ujung-ujungnya bisa menghalangi perkembangan karier kita. Makanya, ayo selalu miliki attitude yang baik.

6. Membaca dan membalas email di pagi hari

Sumber: http://cdn-2.tstatic.net/palembang/foto/bank/images/ilustrasi-main-laptop-media-sosial.jpg

Sumber: http://cdn-2.tstatic.net/palembang/foto/bank/images/ilustrasi-main-laptop-media-sosial.jpg

Selalu membalas email penting dari semua orang itu penting sebagai konfirmasi bahwa kita telah menerima dan membaca email mereka. Meskipun jawabannya cuma “baiklah atau terima kasih” tapi itu perlu lho. Kalau ane, sewaktu jogging ane suka sambil baca email melalui handphone. Ga harus detik itu juga ane balas tapi ane usahakan untuk membaca email-email yg masuk yg ane belum sempat baca baik urusan kantor maupun pribadi. Hal ini cukup efektif dalam berkomunikasi sehingga memperkecil kemungkinan bagi kita untuk melewatkan email-email penting sebelum mulai beraktivitas dan fokus pada tugas-tugas baru.

7. Finalisasi jadwal dan to-do list di pagi hari

Membuat jadwal dan to-do list sangat penting dilakukan untuk menciptakan waktu yang efektif dan produktif. Sebaiknya, hal ini dilakukan di pagi hari sebelum kita mulai beraktivitas. Jadwal dan to-do list tersebut dapat dibuat secara spesifik dengan menambahkan informasi kapan kegiatan mulai dan selesai dilakukan. Jika hal itu sulit diterapkan, buatlah perkiraan durasi kegiatan akan berlangsung. Kalau ane biasanya membuat agenda yang ane tulis setiap hari secara spesifik di hape dan ane finalisasi di pagi hari. Jadi ane tau apa yang harus ane lakukan setiap hari, kapan ane harus melakukannya, dan ane juga bisa menentukan waktu luang untuk melakukan aktivitas pribadi. Ga hanya itu gan, manfaat lain dari membuat jadwal dan to-do list adalah sebagai reminder dan mempermudah kita untuk menentukan dan mencapai target pekerjaan setiap harinya.

“He, who every morning plans the transactions of the day, and follows that plan, carries a thread that will guide him through a labyrinth of the most busy life.” Victor Hugo — French poet, novelist, and dramatist.

8. Multitask hanya untuk pekerjaan yg sudah biasa dilakukan

Orang sering salah kaprah dengan pengertian multitask. Ane sendiri kurang setuju dengan multitask, kecuali untuk hal-hal yg ga pake mikir ngerjainnya. Misalnya sambil ane nyetir karena Jakarta raya ini macet luar biasa ane sembari conference call dengan pihak lain. Atau misalnya ane lagi ga nyetir sendiri, misalnya lagi di taksi ane sambil baca berita online. Alasan ane ga terlalu setuju dengan multitask karena biasanya konsentrasi kita bisa terganggu dan waktu juga menjadi ga efektif. Pekerjaan yang harusnya selesai dalam satu jam, malah bisa baru terselesaikan setelah dua jam.

Hal lain yg ane lakukan, misalnya ane sedang deadline mengerjakan suatu laporan, ane put silent hape ane jadi ga ada gangguan dan kerja ane jadi lebih produktif. Oleh karena itu, lebih baik kita berkonsentrasi dulu mengerjakan pekerjaan utama, setelah itu baru mengerjakan hal lain. Kalau terasa sulit dilakukan, mulailah dengan membuat aturan setiap 20 menit kita memperbolehkan diri kita sendiri untuk membuka hape selama 1 menit. Sedangkan selama 20 menit tersebut kita harus benar-benar fokus pada pekerjaan. Cukup efektif bukan? Mari kita coba.

9. Tahu kapan saatnya untuk break

Sumber: http://images.cnnindonesia.com/visual/2015/03/02/e7890071-3bc5-425c-8989-a056b63c3a45_169.jpg?w=620&q=90

Sumber: http://images.cnnindonesia.com/visual/2015/03/02/e7890071-3bc5-425c-8989-a056b63c3a45_169.jpg?w=620&q=90

Kalau uda terasa lelah jangan dipaksakan melanjutkan pekerjaan, sediakan waktu untuk beristirahat. Waktu ideal yang biasanya dimanfaatkan untuk break adalah sewaktu makan siang atau sore hari. Karena kita bisa bersantai di jam istirahat tersebut sambil makan siang dan ngobrol dengan rekan kerja yang lain. Kesempatan tersebut bisa kita manfaatkan untuk me-refresh pikiran sebelum mulai melanjutkan pekerjaan. Jadi saat lanjut bekerja, kita bisa merasa lebih segar dan bersemangat. Tapi sebenarnya waktu untuk break itu tergantung pribadi masing-masing, ga semua orang bisa memanfaatkan waktu makan siang dan momen di sore hari untuk refreshing. Jadi kita harus tahu diri kita sendiri gan agar waktu break bisa dimanfaatkan secara maksimal.

10. Tidur yang cukup di malam hari

Kebiasaan ini sangat penting tapi terasa sulit dilakukan karena tugas yang menumpuk setiap hari. Apalagi sewaktu kuliah, sehari ga tidur pun sudah menjadi hal yang biasa. Efeknya memang masih belum terasa sewaktu kita muda gan. Paling badan terasa lemas, sering menguap, dan kurang bersemangat. Namun, efek jangka panjangnya bisa lebih dari itu. Misalnya sakit berkepanjangan karena organ tubuh kurang diistirahatkan. Agar terhindar dari dampak negatif tersebut kita harus mulai membiasakan diri untuk tidak begadang supaya bisa tidur yang cukup di malam hari. Tapi tidur yang cukup juga harus dengan kualitas tidur yang baik ya gan. Jadi bukan berarti tidur yang cukup itu adalah tidur dalam durasi yang lama, tapi tidur yang nyenyak sesuai dengan standar durasi tidur untuk usia kita. Karena kelebihan atau kekurangan waktu tidur itu menyebabkan risiko yang sama, yaitu penyakit jantung koroner dan stroke. Jadi kita harus lebih berhati-hati dalam menentukan durasi tidur kita. Karena tidur yang cukup itu ga hanya membuat badan menjadi lebih segar dan bersemangat, tapi juga menyehatkan. Ane sendiri berusaha untuk bisa tidur sekitar 7-8 jam, memang terkadang bisa 6 jam tapi ane mengusahakan tidur yg lelap supaya tetap bisa segar keesokan harinya.

Setelah kita sama-sama belajar tentang 10 kebiasaan positif di atas, mari mulai menerapkannya. Gimana caranya? Berikut penjelasan ane :

1. Start small

Memulai kebiasaan itu ga bisa langsung ke tingkat yang kompleks, pasti dimulai dari hal-hal yang sederhana. Misalnya berolahraga, kita ga bisa menargetkan untuk melakukan gym secara rutin selama 2 jam dalam sehari jika kita belum terbiasa sama sekali untuk berolahraga. Nanti malah tubuh kita jadi korbannya. Uda kena biaya gym, harus bayar biaya berobat lagi kalau kecapekan. Bisa jadi kebiasaan itu hanya akan bertahan di awal-awal saja, mungkin selama seminggu kita akan rajin melakukannya. Tapi untuk konsistensi jangka panjang masih dipertanyakan. Begitu pula untuk kebiasaan yang lainnya gan. Alangkah baiknya jika kita mulai dari hal yang sederhana dulu, misalnya jalan/lari pagi untuk membiasakan diri berolahraga, membaca 1 berita di pagi hari untuk menumbuhkan kebiasaan membaca, dan meminum air Putih setiap pagi. Beberapa contoh tersebut cukup sederhana untuk diterapkan karena cukup mudah untuk dilakukan dan ga membutuhkan banyak biaya. Paling yang dibutuhkan hanya keteguhan niat untuk memulai hal-hal kecil tersebut. Yuk kita coba terapkan dari sekarang.

“Great things are done by a series of small things brought together.” Vincent Van Gogh — Dutch post-Impressionist painter.

2. Bangun self-motivation

Sumber: http://3.bp.blogspot.com/-mMSOwiKSB-U/VFPB5lckIvI/AAAAAAAAAak/j4n0w47ABdM/s1600/self-motivation.png

Sumber: http://3.bp.blogspot.com/-mMSOwiKSB-U/VFPB5lckIvI/AAAAAAAAAak/j4n0w47ABdM/s1600/self-motivation.png

Seperti yang uda ane bilang di awal pembahasan thread ini, kita itu sebenarnya yg menentukan jalan hidup diri kita sendiri. Oleh karena itu, self-motivation itu penting untuk membangun tujuan hidup. Selama kita punya tujuan hidup, kita pasti punya strategi dan ingin meraih yg kita cita-citakan. Strategi-strategi ini bisa mempengaruhi kebiasaan kita. Misalnya seorang pebisnis yang ingin terus berkarier hingga usianya mencapai 60 tahun. Tentu salah satu strategi pebisnis tersebut adalah memiliki tubuh yang sehat agar tetap bisa beraktivitas dan menjalankan bisnisnya dengan baik. Langkah yang dapat dilakukan oleh pebisnis tersebut adalah berolahraga, tidur yang cukup, dan minum air putih yang banyak. Begitu pula dengan kita. Kalau ingin menjadi orang yang sukses dengan karier yang gemilang, kita harus mampu membangun kebiasaan-kebiasaan positif dalam hidup kita. Karena orang yang sukses itu tentu menjadi role model bagi orang lain. Kalau kita sukses tapi mempunyai kebiasaan buruk, layakkah kita disebut sebagai orang sukses yang bisa menginspirasi orang lain?

3. Ulang kebiasaan minimal 30 hari berturut-turut

Memulai kebiasaan itu dibutuhkan konsistensi, minimal 30 hari secara berturut-turut. Waktu 1 bulan tersebut cukup ideal bagi kita untuk membangun motivasi, melawan rasa malas, dan bertekad untuk secara konsisten melakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya adalah menumbuhkan kebiasaan membaca. Seringkali kita beralasan malas dan ga punya waktu untuk membaca, meski hanya beberapa kalimat dari sebuah berita. Kalau setiap pagi kita berusaha keras meluangkan waktu 5 menit untuk membaca 1 berita, kemudian kita mengulanginya lagi keesokan harinya hingga selama 30 hari secara berturut-turut, rasa malas tersebut lama-kelamaan akan hilang. Bisa jadi kitapun secara refleks melakukannya; bangun pagi lalu membaca berita tanpa ada paksaan lagi.  Malah karena uda terbiasa, kita ga hanya akan membaca 1 berita saja, tapi membaca berita dalam 1 koran setiap hari. Coba bayangkan berapa banyak informasi yang akan kita dapatkan. Sangat bermanfaat bukan?

Agan dan sista, membangun kebiasaan itu memang membutuhkan niat dan usaha. Semua akan menjadi mungkin jika kita memiliki tekad dan bersungguh-sungguh untuk melakukannya.

Sekian penjelasan ane. Semoga bermanfaat. Sampai ketemu di thread selanjutnya ya!

Twitter &Instagram: @mayaarvini
Facebook: Maya Arvini & Career First
www.mayaarvini.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: