Cemerlang di Microsoft Indonesia

Dikutip dari :

Maya Arvini – Cemerlang di Microsoft Indonesia

maya_profile

Siapa bilang perempuan tidak bisa punya karir cemerlang? Kak Meisari (Maya) Arvini buktinya. Saat ini ia bekerja sebagai Business Group Lead Microsoft Indonesia. Beberapa penghargaan telah ia peroleh berkat kesuksesannya bekerja di dunia marketing, salah satunya adalah 3rd Winner of Indonesia Young Woman Future Business Leader 2010.

Semasa kuliah, ia telah aktif di berbagai organisasi kampus. Dari pengalaman berorganisasi ini, ia belajar bagaimana membangun relationship dengan banyak orang. Kemudian setelah lulus dari program Master di Universitas Indonesia, Kak Maya memulai karir di IBM Indonesia sebagai Advisory Sales Specialist. Selama 4 tahun, ia bertanggungjawab di seputar penjualan produk. Di sana, ia sempat memperoleh predikat top 10% sales generator in the company oleh IBM Asia Pacifics Hundred Percent Club.

Mendapatkan penghargaan tidak berarti Kak Maya puas akan pencapaiannya. Ia kemudian berkenalan dengan dunia marketing saat bekerja untuk Microsoft Indonesia sebagai Business Development Manager di tahun 2009.   Tiga tahun di posisi tersebut, perempuan berambut pendek ini lalu diangkat menjadi Business Group Leader. Di sana ia bertanggung jawab di bidang penjualan dan pengembangan produk.

Kak Maya bercerita bahwa bekerja di dunia marketing itu asyik. Kamu bisa bertemu dengan banyak orang yang berasal dari berbagai latar belakang. Secara otomatis, kamu akan belajar bagaimana berkomunikasi yang sesuai dengan karakteristik orang-orang tersebut. Kemampuan ini tidak akan kamu temukan di meja kuliah lho Comraders, waktu dan proseslah yang akan mengajarkanmu untuk bisa melakukannya.

Untuk kamu yang berminat menjadi seorang Marketeer yang handal, Kak Maya memberikan tips yang pastinya akan bermanfaat untuk kamu. Pertama, asahlah kemampuan interpersonal relationship kamu. Hal ini penting karena kamu akan bertemu dengan banyak orang di luar sana. Kedua, kamu harus punya kemampuan komunikasi yang baik. Lalu yang tidak kalah penting adalah perluas wawasanmu. Berdasarkan pengalaman Kak Maya saat bertemu klien, hanya 10% dari waktunya membicarakan seputar bisnis, sedangkan 90% lainnya adalah obrolan-obrolan mengenai dunia global. Poin terakhir adalah perhatikan penampilanmu karena hal tersebut merepresentasikan dirimu dihadapan orang lain. Jangan sampai orang lain akan menilaimu buruk hanya karena penampilan ya, Comraders.

Semoga Bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *