Sukses Meniti Karir Bersama Mentor dan Sahabat

  Salah satu dari pesan yang cukup penting yang saya tulis di buku #careerfirst mengenai peran mentor dalam karier dan kehidupan. Jangankan bagi adik2 yang baru saja lulus kuliah atau baru masuk kerja, jika saya diskusi dengan rekan-rekan kerja saya, mereka pun belum paham betul mengenai peran mentor ini. Jika sejak kecil saya banyak belajar dari orang tua saya, maka sejak kerja saya banyak belajar dari mentor-mentor saya. Mentor atau pembimbing dalam konteks karier akan membantu kita mempermudah proses pembelajaran dalam berkarier. Termasuk didalamnya belajar mengenai skill dan kompetensi, office politics, membangun aliansi dan lain sebagainya. Mencari mentor itu sendiri tidak mudah, karena mencari mentor yang benar dan sesuai dengan kebutuhan kita juga tidak mudah. Sebagai langkah pertama yang dapat dilakukan adalah mencari orang-orang yang memang lebih menguasai bidang-bidang tertentu. Untuk diingat bahwa tidak ada orang yg menguasai segala hal, tapi belajar dari orang yg lebih berpengalaman, jauh lebih tua dan makan asam garam tentunya akan membantu proses pembelajaran tersebut. Tidak hanya menemukan orang seperti itu yang tidak mudah tetapi jika ketemu pun belum tentu bias ataupun mau dijadikan tempat bertanya oleh kita. Karena itu perdalam skill komunikasi dan interpersonal sehingga first impression ketemu dengan orang-orang ini akan berkesan sehingga berikutnya jika kita ingin bertemu mereka akan feel excited. Jangan lupa pergaulan, kenalan ataupun orang-orang terdekat kita juga merupakan nara sumber yang bisa ditanya mengenai karier ataupun kehidupan. Berikut ini liputan dari acara soft launch #careerfirst berikut ini highlight mengenai #mentorship : http://beritakedaulatan.com/2014/05/23/sukses-meniti-karir-bersama-mentor-dan-sahabat/ Happy looking for mentor ! Enjoy ! @mayaarvini    ...

Talkshow Career First di 103.4 DFM Jakarta

    “Gimana sih taunya kalau sebenarnya kita sudah ga betah dengan pekerjaan kita?” itu salah satu pertanyaan yang muncul sewaktu saya on air #careerfirst dengan @victorpangz di @1034DFM Jakarta. Jawaban saya simple aja, kalau pas tiap Bangun pagi rasanya sudah malessss banget ga ada semangat mendingan ngulet di dalam selimut hahaha…kesannya becanda tapi serius lho. Pengalaman saya sendiri ketika saya 5 tahun lebih kerja di Microsoft Indonesia, dengan jam kerja panjang, jam 7 pagi sudah meeting, jam 12 malem kadang-kadang masih dikantor, ternyata Alhamdulillah ga pernah sakit. Tentunya bukan cuma karena saya enjoy the job tapi juga sering mencek kesehatan, menjaga kesahatan dengan baik, ga lupa minum vitamin dan banyak olahraga, itu lah resep ga cepet sakit. Pertanyaan lainnya yg ga kalah seru mengenai apa aja sih resep untuk ngikutin psikotest? serunya sih karena jujur aja saya sudah lupa banget nih, jaman sering ikut psikotest kan awal2 baru lulus, jadi sudah belasan tahun lalu. kalau menurut saya yg namanya psikotest, yg penting itu banyak istirahat jangan sampai pas malemnya kurang tidur. Trus gimana dengan young and having fun, seperti apa sih young and having fun versi saya ? Well, banyak banget yg Kasih masukan ke saya setelah baca #careerfirst kalau saya ini orgnya nerd abis, serius dan ga asik. Ya memang tergantung penafsiran masing-masing, yg perlu diperhatikan jangan lantas kita serius menata masa depan kita sejak usia dini lalu lupa yang namanya seneng2. Seneng2 itu wajib hukumnya karena percuma juga kalau kita sukses tapi lupa untuk bergaul, berteman dan enjoy kehidupan kita. Nanti kalau sudah sukses, ngerayainnya sama siapa kalau sampai lupa bergaul ? Talk show ini dimulai dari...

Young Women Future Business Leader – SWA

Young Women Future Business Leader adalah kompetisi Bisnis untuk para perempuan muda yang secara rutin diselenggarakan oleh SWA untuk mencari para perempuan muda calon pemimpin tangguh di lingkungan kerja. Di mana di masa depan, Insya Allah keberadaan perempuan-perempuan muda ini akan sangat menjanjikan. Saya sendiri ga pernah menyangka bisa ikutan kompetisi ini dan masuk di top shortlisted. Padahal kalau inget jaman dulu...